Sayangi Matamu, Yuk Hindari Perilaku Buruk Berikut!

0
0
Sumber – Eye Exercises

Penyakit mata tidak hanya menyerang orang tua saja, tapi juga bisa menyerang kaum muda seperti POPle. Gaya hidup kita saat ini seringkali tanpa disadari dapat membawa dampak buruk untuk kesehatan mata. Tidak hanya sekedar mata minus, tapi juga pada infeksi mata bahkan kebutaan. Untuk itu, kita harus mulai menjaga kesehatan mata dari sekarang dengan cara menghindari perilaku buruk berikut!

1. Merokok

Sumber – Health Line

Semua orang sudah tahu dengan dampak buruk merokok bagi kesehatan. Tidak hanya menyebabkan kanker, merokok juga bisa menyebabkan kebutaan. Zat kimia yang terkandung pada rokok dapat membuat bagian retina yang bernama macula menjadi rusak dan mati. Masih mau merokok nih, POPle? Mending uang rokoknya ditabung untuk jalan-jalan akhir tahun.

2. Mengerutkan mata

Tanpa disadari, perilaku yang satu ini sering kita lakukan saat sedang melihat sesuatu. Misalnya saat menatap komputer, menonton TV, membaca, dan bermain game di smartphone. Mengerutkan mata untuk melihat lebih jelas sesaat, ternyata dapat membuat otot-otot mata tertekan yang berujung pada gangguan penglihatan jangka panjang.

Baca Juga: Tidur Telanjang Yuk! Banyak Manfaatnya Loh!

3. Menatap sinar UV

Sumber – VideoHive

Selain berbahaya untuk kesehatan kulit, sinar UV juga bisa membuat kornea mata terbakar dan merusak retina mata. Jika terjadi secara terus-menerus, mata kamu bisa mengalami katarak. Oleh karena itu, biasakan untuk menggunakan kacamata hitam atau topi saat melakukan kegiatan di luar ruangan.

4. Konsumsi alkohol berlebihan

Konsumsi alkohol yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan mata. Beberapa dampak buruk alkohol bagi mata adalah penurunan kinerja visual, melambatnya reaksi pupil, mata kemerahan, dan menurunnya sensitivitas terhadap kontras warna. Jadi, mulai batasi konsumsi alkohol ya!

5. Menatap layar gadget terlalu lama

Sumber – Mashable

Hidup di dunia serba digital ini membuat kita tidak bisa lepas dari komputer, smartphone, dan TV. Padahal, terus-terusan menatap layar gadget dapat membuat mata kurang peka terhadap cahaya, iritasi mata, dan penglihatan ganda. Pastikan kamu menyisihkan waktu untuk mata beristirahat dari layar gadget setiap 30 menit sekali dengan mengalihkan pandangan ke objek yang jauh atau memejamkan mata sesekali.

Baca Juga: 7 Manfaat Minum Air Di Malam Hari! Nggak Nyesel Deh!

Kalau bukan kamu sendiri, siapa lagi yang mau menyayangi matamu?

(Visited 136 times, 1 visits today)