Ngantuk Saat Jam Kerja? Atasi Dengan Langkah Mudah Ini !

0
3

Untuk mengatasi rasa kantuk, menyeruput segelas kopi memang seolah jadi ritual khusus yang dilakukan pegawai kantoran, terutama saat menjelang sore hari. Wajar memang, mengingat kafein yang terkandung di dalamnya dapat menghambat zat kimia penyebab ngantuk sekaligus bisa meningkatkan produksi adrenalin dalam tubuh. Nah, jika Anda termasuk salah seorang yang menerapkan kebiasaan tersebut, tak ada salahnya Break The Routines dan cobalah beberapa langkah mudah berikut untuk mengatasinya.

Olahraga

Saat ngantuk melanda di tengah-tengah jam kerja, cobalah untuk melakukan olahraga ringan, seperti push up, yoga, atau sekedar berlari-lari di tangga darurat. Perlu diketahui, berolahraga dapat mempercepat detak jantung, sehingga rasa kantuk yang dirasa bisa lenyap seketika. Oh ya, akan lebih baik jika Anda melakukannya hingga berkeringat.

Ngemil

Menyantap sedikit camilan juga ampuh untuk mengusir rasa kantuk saat di kantor. Tapi, bukan berarti Anda bisa seenaknya melahap makanan apapun. Pilihlah makanan sehat yang rendah gula dan tinggi protein. Jika sulit mendapatkannya, mengkonsumsi rujak buah pedas bisa jadi alternatif tepat.

Mendengarkan musik

Mendengarkan musik dapat mengatasi  kantuk yang dialami seseorang, demikian menurut sebuah studi di Taiwan. Peneliti mengatakan, aktivitas tersebut dapat meningkatkan konsentrasi sekaligus mood pelakunya. Tak percaya? Buktikan saat ini juga !

Tertawa

Para ahli kesehatan percaya bahwa tertawa dapat menghilangkan rasa kantuk. Oleh sebab itu, ajak saja rekan kerja Anda untuk bercanda di kala ngantuk datang menghampiri. Jika memang tak memungkinkan, masih ada cara lain yang bisa Anda lakukan. Bukalah situs berbagi video dan tontonlah beberapa tayangan lucu selama beberapa menit ! Dengan begitu, ngantuk Anda pun akan pergi jauh.  

Menari

Pada dasarnya, rasa kantuk akan hilang jika tubuh Anda banyak bergerak. Segan berolahraga di lingkungan kantor? Tenang, Anda tak perlu khawatir, sebab masih ada cara lain yang bisa dilakukan. Apakah itu? Dengarkanlah musik favorit dan menarilah setidaknya 5-10 menit ! Kuncinya hanya satu, yakni jangan pernah malu dengan orang di sekitar Anda !

Bagaimana, sudah siap mencobanya?

 

(Visited 130 times, 1 visits today)