Bokong Sering Gatal? Ini Sederet Poin Pemicunya!

0
6

Menurut riset, ada sejumlah alasan kenapa area bokong sering gatal

 

Gatal merupakan suatu hal yang normal bagi manusia. Ada banyak faktor yang jadi penyebabnya. Bisa karena alergi atau gigitan serangga. Namun, apa jadinya jika rasa gatal terjadi di area bokong? Apakah hal tersebut masih bisa dibilang normal?

p03kskpd

Diungkapkan periset, bokong adalah bagian tubuh yang sangat sensitif. Lokasinya yang lembab membuatnya begitu rentan terpapar bakteri. Karenanya, jangan pernah sepelekan bokong sering gatal, sebab mungkin saja ada masalah serius di balik hal itu.

Berikut beberapa penyebab bokong sering gatal, seperti dilansir laman Boldsky.

 

Infeksi jamur

Seperti yang kami bilang tadi, bokong merupakan area tubuh yang lembab, sehingga ideal untuk ditumbuhi jamur. Jadi , jika bokong Anda terasa gatal, merah, dan bersisik, mungkin saja Anda menderita infeksi jamur. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengoleskan krim anti-jamur atau segera kunjungi dokter.

 

Herpes

Rasa gatal pada bokong yang disertai dengan kulit merah dan lepuhan menyakitkan bisa jadi adalah herpes. Tanda-tandanya mirip dengan herpes genital atau mulut. Bila mengalaminya, segera sambangi dokter agar diberikan obat anti-virus.

 

Jerawat di bokong

Bokong sering gatal juga bisa dipicu pertumbuhan jerawat di area tersebut. Tumbuhnya jerawat sendiri dikarenakan sel-sel kulit mati dan bakteri menyumbat folikel di wilayah bokong. Bahasa medisnya adalah folikulitis. Anda bisa mengobatinya dengan benzoil peroksida atau memakai celana dalam berbahan katun.

 

Psoriasis

Kata ilmuwan, bila bokong Anda gatal dan bersisik bisa jadi itu karena psoriasis. Anda bisa mengobatinya dengan steroid. Atau jika kondisinya sudah parah, mengunjungi dokter kulit adalah pilihan tepat.

 

Wasir

Wasir juga bisa menyebabkan bokong sering gatal. Pemicunya adalah sembelit kronis yang pada akhirnya menimbulkan peradangan, pembengkakan, serta sensasi terbakar pada area bokong. Dalam kasus ini, Anda bisa menyembuhkannya dengan bantuan krim atau jika tidak, mengunjungi dokter kulit bisa jadi solusi terbaik.

5 Jurus Lenyapkan Jerawat dan Bisul di Bokong!

 

Eksim

Penyebab bokong sering gatal yang terakhir adalah eksim. Tanda-tandanya juga hampir sama dengan yang disebutkan tadi, gatal, bersisik, dan muncul benjolan merah berukuran kecil. Cara mengatasinya cukup mudah. Anda hanya cukup biasakan diri menggunakan celana dalam berbahan katun agar kulit bokong mendapatkan udara segar.

(Visited 3,428 times, 1 visits today)