Pestisida Dalam Buah Dan Sayuran ‘Rawan’ Bikin Mandul !

0
5

Selama ini, obesitas dan kebiasaan menghisap rokok kerap disebut-sebut sebagai penyebab utama ketidaksuburan kaum pria. Namun, selain dua hal itu, ternyata ada pula kebiasaan lain yang juga berpotensi besar menimbulkan masalah ‘menakutkan’ tersebut. Apa itu? Terlalu sering mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Kok bisa?

Studi yang dilakukan di Pusat Kesuburan di Boston, Massachusetts, mengungkapkan, pestisida yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan dipercaya punya dampak buruk bagi kesuburan pria. Kata peneliti di sana, pria yang rutin melahap paprika, bayam, stroberi, apel, dan pir yang sejatinya tinggi akan kandungan pestisida diketahui memiliki jumlah sperma 49 persen lebih rendah dibandingkan dengan pria yang jarang atau sama sekali tak mengkonsumsinya.

“Kami melakukan serangkaian uji terhadap 155 pria. Dalam riset tersebut, kami menemukan fakta mengejutkan, di mana pestisida diketahui punya pengaruh buruk bagi hormon tertentu, termasuk hormon testosteron” ungkap salah seorang periset.

Studi yang diterbitkan dalam Jurnal Human Reproduction tersebut juga menyebutkan, temuan itu didapat berdasarkan pengujian terhadap 338 sampel sperma . Sementara itu, dikatakan peneliti, pria yang mengkonsumsi setidaknya 1,5 porsi sayuran atau buah yang tinggi akan pestisida dipercaya punya sperma yang kurang sehat, demikian dilansir Times of India.

“Hasil penelitian ini sangatlah menarik. Pasalnya, kaum pria jadi tahu jika beberapa jenis sayur dan buah ternyata bisa jadi pemicu terjadinya infertilitas” pungkas dosen andrologi di University of Sheffield, Allan Pacey.

Kendati demikian, Allan berharap agar temuan tersebut tak mengurangi minat kaum pria dalam mengkonsumsi sayur dan buah-buahan. Kata dia,”Bila Anda ingin melahap makanan sehat itu, ada baiknya pilih yang rendah pestisida. Dengan begitu, tubuh sehat pun bisa Anda dapatkan”.

 

(Visited 124 times, 1 visits today)