Wah, Rasa Gatal Ternyata Ada Hubungannya dengan Penyakit Liver!

0
18

Suka garuk-garuk badan karena rasa gatal? Sudah mandi, tapi masih gatal juga? Sudah bersih banget pakai obat apapun eh, masih gatal juga? Cekidot ini!

 

Sebagai manusia, kita wajib menjaga kesehatan seluruh organ tubuh, termasuk liver. Sayangnya, akibat pola hidup yang tak sehat, kesehatan liver seringkali terabaikan sehingga mengakibatkan masalah yang serius.

Menurut riset, penyakit liver sendiri sejatinya bisa dideteksi lewat sejumlah gejala. Beberapa di antaranya sebut saja mual dan mudah lelah.

Namun, baru-baru ini, sebuah penelitian berhasil mengungkap gejala lain dari penyakit menyeramkan tersebut. Kata peneliti, gejalanya adalah rasa gatal!

Duh, kok bisa-bisanya ya rasa gatal jadi penanda kalau ada sakit liver di tubuh?

Sebenarnya, ada dua jenis masalah liver yang bisa dideteksi lewat rasa gatal. Pertama adalah obstruksi empedu dan yang kedua sirosis hati. Demikian dilansir Boldsky.

“Ketika terjadi penyumbatan dalam empedu (akibat lemak), aliran darah otomatis akan terganggu. Kondisi ini disebut sebagai obstruksi empedu. Biasanya, dalam kondisi itu, seseorang akan mengalami pruritus alias rasa gatal” ujar peneliti.

 

3 Cangkir Kopi Mampu Tingkatkan Kesehatan Liver! Benarkah?

 

Sementara sirosis hati sendiri tak jauh beda dengan obstruksi empedu. Karena sirkulasi empedu terganggu, pasien biasanya akan merasakan gatal di seluruh tubuhnya.

Nah, jika saat ini Anda mengalami gatal yang tak wajar atau berlebihan, segeralah kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis. Intinya, jangan sepelakan rasa gatal!

 

(Visited 2,867 times, 1 visits today)