Sering Cegukan Bisa Jadi Tanda Sejumlah Penyakit Berbahaya?

0
6

Sering cegukan pertanda ada penyakit berbahaya yang menyerang

 

Cegukan adalah normal pada manusia. Tak hanya pada orang dewasa, cegukan juga dialami anak-anak. Pada intinya, semua orang pasti pernah mengalami yang namanya cegukan.

Cegukan sendiri adalah kontraksi kuat pada diafragma yang bisa bikin ruang pita suara tertutup, sehingga menimbulkan suara ‘hik’ berulang. Beberapa penyebab cegukan meliputi makan berlebihan, makan terlalu cepat, minum air terlalu banyak, hingga konsumsi makanan pedas atau asam.

 

Sering cegukan bisa jadi sinyal penyakit berbahaya.
Sering cegukan bisa jadi sinyal penyakit berbahaya

 

Terkait hal itu, ada fakta menarik yang perlu diketahui. Menurut riset, cegukan pada dasarnya bisa menunjukkan tanda-tanda gangguan kesehatan pada tubuh manusia.

“Tubuh punya cara tertentu dalam menunjukkan kondisi kesehatan. Salah satunya cegukan. Sering cegukan tanda adanya penyakit yang serius. Karena itu, jangan pernah remehkan cegukan yang dialami,” ujar peneliti.

Berikut beberapa penyakit yang gejalanya diawali sering cegukan.

 

ASAM LAMBUNG

Sering cegukan bisa jadi tanda awal dari naiknya asam lambung. Kondisi ini terjadi saat asam dalam perut berusaha untuk keluar dari mulut dan kerongkongan, kemudian menyebabkan sensasi seperti terbakar.

 

STRES

Periset memaparkan, stres bisa memicu cegukan berlebih. Jika memang itu yang terjadi, sebaiknya sisihkan waktu untuk bersantai. Sandarkan tubuh ke sandaran kursi dan dengarkan musik favorit!

 

KANKER

Bila cegukan yang dialami berlangsung lama, bisa jadi itu gejala kanker. Jenis kanker yang terkait adalah kanker otak dan kanker perut.

 

PNEUMONIA

Jika cegukan yang dialami disertai dengan demam, menggigil, atau nyeri dada, kemungkinan besar terserang Pneumonia. Kita kerap menyebutnya paru-paru basah.

 

NMOSD

NMOSD (neuromyelitis optica spectrum disorder) alias peradangan saraf juga bisa ditandai dengan sering cegukan. Biasanya disertai dengan mual, muntah, dan hilangnya penglihatan.

 

STROKE

Bila mengalami cegukan yang konstan, itu bisa jadi tanda awal dari serangan stroke. Demikian dilansir Boldsky.

 

Ingin atasi cegukan dalam hitungan detik? Buka ini!

 

JANTUNG

Ilmuwan juga paparkan, salah satu tanda dari serangan jantung pada manusia adalah sering cegukan. Dalam banyak kasus, cegukan biasanya dibarengi dengan nyeri dada dan keringat berlebih.

 

KERUSAKAN GINJAL

Saat ginjal mengalami gangguan, tubuh akan memberikan sinyal. Salah satunya adalah sering cegukan.

 

Sebaiknya segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis!

(Visited 1,103 times, 1 visits today)