Ups, Sering Minum Soda Bikin Wajah Nggak Awet Muda

0
0
Sumber Gambar: Gnet.org

Selain sirup, kamu yang suka manis-manis pasti nggak asing lagi sama minuman bersoda. Soalnya, rasanya memang enak banget. Apalagi kalau diminum dingin sama es batu. Bahkan, di restoran makanan cepat saji kesayangan, minuman bersoda bisa dibilang paling banyak tersedia. Tapi, kamu tahu nggak kalo keseringan minum minuman bersoda itu ada efeknya? Salah satunya, bisa bikin kamu jadi kelihatan lebih tua.

Menurut salah satu penelitian, kebanyakan mengonsumsi minuman bersoda ternyata bisa mempercepat proses penuaan. Soalnya, minuman bersoda mengandung pewarna dan pemanis buatan kayak aspartame dan acesulfame potassium yang kurang bagus buat kesehatan. Apalagi kalau minumnya keseringan. Terus, ada juga asam fosfat yang jadi faktor utama terjadinya penuaan dini.

Nah, gata-gara kebanyakan asam fosfat, peminum soda yang aktif biasanya mengalami penyempitan telomer yakni bagain paling ujung dari DNA yang bersifat linear. Kalau telomer menyempit, sel-sel kulit di dalam tubuh akan mati dan nggak mampu mengalami regenerasi kayak yang seharusnya. Lama-lama, otot yang ada di dalam tubuh jadi rusak dan memicu munculnya keriput. Serem banget kan efek kebanyakan minum minuman jenis ini.

Kamu yang masih umur belasan tahu pasti nggak mau kelihatan lebih tua, kan? Makanya, daripada berakhir mengalami penuaan dini, sebaiknya minum minuman bersoda jangan terlalu sering. Jadi, bukan nggak boleh sama sekali. Selama masih dalam batas wajar dan terlalu banyak, ya masih boleh. Kalau sampai mengalami penuaan dini pasti nggak asik. Bayangkan aja pas ulang tahun sweet seventeen kamu sudah kelihatan kayak umur 25 tahun.

(Visited 2 times, 1 visits today)