Oy, Coba Periksa Kesehatan Mulut Jika Sering Sakit Migren!

0
1
sakit migren

Penelitian baru menunjukkan kaitan kesehatan mulut dengan sakit migren

 

Ini nih, satu hal yang bisa bikin hari kita seketika kacau. Apalagi datangnya pas lagi banyaknya kegiatan. Duh, benar-benar bikin nggak fokus dan mood jelek!

Beberapa orang menganggap jika sakit migren ini timbul karena pengaruh makanan. Dr. Manny Alvarez, Senior Managing Editor, di program kesehatan FOX News Channel’s pun bilang, jika makanan seperti daging asap, keju, jeruk, dan kecap berpotensi besar menyebabkan sakit kepala sebelah.

 

Sering Sakit Migrain? Coba Periksa Kesehatan Mulut Anda!

Bahkan anggur yang lezat pun bisa jadi pemicu migren. Ini terjadi karena anggur mengandung tyramine yang adalah asam amino alami yang terbentuk dari pemecahan protein dalam makanan. “Nah, tyramine inilah yang menyebabkan tekanan darah meningkat yang akhirnya memicu sakit kepala sebelah,” pungkas Dr. Manny.

 

Makanan Ini Bisa Bikin Sakit Kepala Anda Gak Kunjung Reda

 

Menurut penelitian terbaru, beberapa makanan ini bisa jadi sangat bahaya pas bertemu dengan bakteri mulut. Banyaknya bakteri bisa menjadi pemicu seseorang mengalami sakit migrain.

Kenapa?

Karena bakteri tersebut memiliki kemampuan untuk mengubah bahan kimia yang disebut nitrat. Dikutip dari Live Science, kita harus berhati-hati dengan beberapa makanan yang mengandung nitrat, diantaranya daging olahan, sayuran berdaun hijau dan obat-obatan tertentu.

Para peneliti berhipotesis, banyaknya bakteri dalam mulut bisa ubah zat nitrat dan menyebabkan sakit kepala!

 

Sering Sakit Migrain? Coba Periksa Kesehatan Mulut Anda!

Bakteri dalam rongga mulut bisa memicu banyaknya oksida nitrat. Ini semua terjadi karena bakteri itu sendiri yang membantu ubah nitrat menjadi oksida nitrat, zat kimia yang diduga penyulut sakit kepala.

Namun dalam penjelasan lebih lanjut, studi ini hanya baru menemukan kaitan antara bakteri dan sakit migren. Ini berarti belum terbukti apakah bakteri di mulut benar-benar penyebab migren atau bukan.

Peneliti berharap studi ini memicu riset lain untuk mengetahui bagaimana bakteri di mulut bisa menyebabkan migren.

Rekan penulis studi, Antonio Gonzalez, analisis programmer di University of California, San Diego bilang, “Untuk saat ini, jika orang-orang menduga nitrat memicu migren, maka mereka harus menghindarinya dalam diet,” sarannya.

Tuh, hati-hati ya, POPle!

(Visited 189 times, 1 visits today)