Benarkah Sperma Encer Tanda Pria Tak Subur?

0
13

Jika ngeh dengan rupa dan penampakan sperma encer, mungkin ini bisa jadi jawabannya!

 

Apakah sperma yang dikeluarkan tak kental alias encer? Jika ya, jangan berpikir dulu itu pertanda sistem reproduksi diri tak sehat. Ada baiknya ketahui dulu sejumlah fakta seputar sperma encer dari pakarnya.

Diungkapkan periset, banyak pria khawatir tentang air mani mereka. Saat sperma terlalu berair, pria sering langsung berpikir bahwa ada yang tak beres dengan reproduksi mereka. Padahal, hingga kini, belum ada studi yang mengklaim jika kental-tidaknya air mani terkait dengan kesuburan.

Kapan Sih Kaum Pria Memiliki Tingkat Kesuburan yang Paling tinggi?

 

Sperma sendiri mengandung enzim tertentu. Warna putih pada cairan terjadi karena adanya protein. Beberapa orang juga kerap berpikir bahwa cairan lengket yang keluar pada awal foreplay adalah sperma, padahal bukan. Cairan tersebut sebenarnya adalah cairan pre-ejakulasi yang berperan sebagai pelumas.

Umumnya, sperma encer bukanlah tanda kesuburan yang rendah, kecuali dalam beberapa kasus tertentu.

Upsss, Ternyata Menelan Sperma Itu Menyehatkan Bagi Wanita!

 

Sperma encer

 

Jadi, sebelum berpikiran macam-macam terkait hal itu, ada baiknya jika konsultasi terlebih dulu dengan dokter atau simak ini:

  1. Sperma encer pada pria sejatinya hal yang biasa terjadi. Namun, yang perlu diingat, hal tersebut tak selalu menandakan jumlah sperma yang rendah!
  2. Kualitas air mani juga dipengaruhi makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Singkatnya, jika diri tak mengonsumsi makanan yang mengandung banyak protein, maka sperma otomatis akan jadi encer.
  3. Sederet masalah kesehatan seperti diabetes, infeksi prostat, serta konsumsi obat-obatan tertentu juga bisa membuat sperma encer.
  4. Di beberapa kasus, sperma encer juga bisa dipicu penyumbatan di vesikula seminalis. Vesikula seminalis sendiri adalah pasangan kelenjar yang terletak di bagian belakang-bawah kantung kemih pria. Kelenjar ini bisa menyekresikan cairan untuk membentuk sperma. Sekitar 70 persen cairan mani pria berasal dari kelenjar tersebut.
  5. Tubuh butuh cukup waktu untuk menghasilkan air mani. Menurut riset, terlalu sering ejakulasi bisa bikin sperma jadi encer. (Ini sebenarnya sudah jadi rahasia umum!)
  6. Faktor selanjutnya yang bisa bikin sperma encer adalah pakaian. Dilansir Boldsky, pakaian ketat atau bersuhu panas bisa memengaruhi produksi air mani di testis.
  7. Terakhir adalah asupan air putih. Diungkapkan ilmuwan, dehidrasi berpotensi besar bikin air mani jadi tak kental.

 

Sssst, Manfaat Sperma Ini Jarang Diketahui Orang Banyak!

 

Nah, sekarang sudah tahu bukan ada banyak poin kenapa sperma bisa saja kental-tak kental alias sperma encer? 

(Visited 9,560 times, 1 visits today)