Tak Perlu Panik Ebola!

0
0

Masih ingat kalau ditanya tentang virus menakutkan di tahun 2005? Ya, ketakutan banyak orang di negeri ini semakin menjadi saat itu. Ketika virus yang dikenal dengan nama flu Burung atau H5N1 itu mewabah di tanah air. Sempat mengalami kepanikan luar biasa itulah kondisinya! Walaupun pada akhirnya ketakutan berlebihan tersebut dapat diantisipasi dengan melakukan beberapa cara tepat untuk mencegahnya.  

Nah, kalau dulu flu burung menjadi momok yang mengerikan. Saat ini Ebola noleh di bilang Ebola merupakan virus yang paling ditakuti. Berdasarkan beberapa laporan, virus Ebola telah menewaskan lebih dari 1.000 orang di Afrika Barat. Meskipun angka kematian akibat wabah ini bukanlah yang tertinggi, namun masih ada banyak orang yang terinfeksi virus Ebola yang bisa menambah daftar korban meninggal.

Seperti menyikapi berbagai penyakit lain. Mencegah penyebaran virus ini menjadi cara yang paling baik daripada mengobati. Berikut adalah cara paling efektif dan sederhana untuk mencegah penyebaran virus Ebola.

Cuci tangan
Mencuci tangan adalah cara yang paling sederhana untuk mencegah masuknya virus ke dalam tubuh Anda. Agar proses pembersihan lebih maksimal, gunakan cairan pembersih tangan khusus. Nah, kalau sudah cuci tangan jangan lupa pula hindari sentuhan langsung dengan fasilitas umum yang belum diyakini kebersihannya.

Tutup luka
Jangan biarkan luka yang Anda miliki berada dalam kondisi terbuka. Luka yang terbuka akan membuat mudah terpapar virus dari luar termasuk virus Ebola. Oleh karena itu jika Anda memiliki luka, segera tutup luka tersebut dengan perban.

Jangan mengonsumsi daging kualitas buruk
Virus ebola bisa menular lewat daging merah yang berkualitas buruk. Sehingga jika Anda tidak yakin dengan kualitas daging yang Anda konsumsi, maka sebaiknya jangan mengonsumsinya. Sebagai catatan peternakan babi terutama yang berada di wilayah Afrika menjadi salah satu sumber terbesar tumbuhnya virus ebola.

Kenakan sarung tangan
Selain menggunakan masker, Anda juga bisa mengenakan sarung tangan untuk mencegah masuknya virus ebola di dalam tubuh. Kenakan sarung tangan terutama jika Anda berada di sekitar pasien ebola.

Hindari perjalanan ke negara yang terserang virus
Menghindari untuk bepergian ke negara yang terserang atau menjadi asal tumbuhnya virus ebola juga merupakan cara terbaik agar Anda terhindar dari virus ini. Jika Anda baru saja mengunjungi negara tersebut, lebih baik jalani masa karantina terlebih dahulu.

(Visited 65 times, 1 visits today)