Waduh, 5 Tanda Kecil Ini Jadi Tanda Diri Terlalu Stres!

0
6
Menurut Sains, Ada 5 Cara Sederhana Tapi Unik untuk Hilangkan Stres!

Terlalu STRES bisa dilihat dari tanda-tanda kecil

 

Stres hadapi hari Senin? Ah, itu biasa. Yang gawat justru kita tak ngeh kalau sedang mengalami stres kronis – entah itu karena tuntutan pekerjaan atau ganjalan dalam kehidupan pribadi, semuanya itu bisa dikenali.

Setidaknya itu penjelasan Stevan E. Hobfoll, Ph.D., yang meneliti seputar ilmu tingkah-laku manusia dari Rush University Medical Center.

Jadi jika diri mengalami tanda-tanda yang ada di bawah ini, pelan-pelan silahkan jalan kaki santai dan matikan ponsel untuk selama beberapa waktu.

 

1. PUSING MINGGUAN

Bukan hanya tabloid saja yang bisa terbit mingguan, sakit kepala alias pusing pun bisa muncul mingguan! Pendek kata: migren alias pusing sebelah kepala. Apalagi kalau bukan pemicunya adalah stres.

Solusi:

Jaga porsi tidur dan pola makan agar tak terpicu!

 

stres-2

 

2. MULUT SAKIT

Rahang atau area mulut yang gemeretak sakit bisa jadi pertanda dari gigi yang bermasalah. Biasanya ini muncul selama tidur dan bisa makin parah pas kondisi diri sedang stres. Demikian Matthew Messina, DDS, penasehat dari American Dental Association.

Solusi:

Rajin periksakan gigi secara berkala ke dokter gigi langganan.

 

3. MIMPI ANEH

Mimpi biasanya mengantarkan tidur jadi lebih enak dan nyaman. Tubuh yang tidak stres mengantarkan mimpi indah. Bangun pun jadi nikmat. Itu pendapat Rosalind Cartwright, Ph.D., Profesor Psikologi Rush University Medical Center. Tapi jika diri sedang stres, kita seringkali terbangun tiba-tiba tengah malam dan bangun pagi hari dengan tak enak.

Solusi:

Kebiasaan baik beristirahat adalah tidur tujuh hingga delapan jam semalam. Hindari kafein dan alkohol begitu jelang tidur!

 

Makanan Ini Bisa Bikin Sakit Kepala Anda Gak Kunjung Reda

 

stres-3

 

4. KULIT GATAL

Studi di Jepang menunjukkan 2,000 orang ditemukan punya penyakit gatal kronis! Penyebabnya apalagi kalau bukan stres. “Respon stres tubuh langsung mengaktifkan syaraf-syaraf dan menyebabkan sensasi rasa gatal,” ujar Gil Yosipovitch, M.D., Profesor Dermatologi Wake Forest University.

Solusi:

Atur pikiran dengan mendengarkan musik atau menonton film!

 

5. SAKIT PERUT

Rasa gelisah dan stres bisa memunculkan sakit perut meski sudah ke belakang pagi-pagi! Sakit perut bisa diikuti munculnya sakit kepala, sakit punggung dan insomnia alias sulit tidur.

Solusi:

Solusinya ‘sepele’: menenangkan diri dengan berdoa atau sembahyang dan berolahraga.

 

Bagaimana? Masih mau Terlalu STRES berkepanjangan melulu? Duh, yang ada jadi kelihatan kusut dan jauh gebetan euy…

 

(Visited 924 times, 1 visits today)