Jangan Cuek, Ini Posisi Paling Benar Pas Lagi BAB!

0
8

Ini posisi buang air besar yang dianjurkan ahli

 

 

Kebanyakan kita lebih sering dapat ulasan masalah kesehatan tentang pencernaan ketimbang posisi buangan (pencernaan) itu sendiri. Salah satunya seperti manfaat air kurma bagi pencernaan. Tak banyak yang tahu makanan asal Timur Tengah tersebut baik untuk pencernaan.

 

Tata Aturan Buang Air Besar, Seperti Ini Loh Posisi yang Benar

Selain itu, apakah sudah pada tahu pengaruh kebiasaan main gadget atau baca koran pas buang air besar (BAB), ternyata tak baik untuk kesehatan tubuh (baca di sini).

Ini sepele tapi justru ada pengaruhnya juga untuk tubuh!

Salah satunya adalah posisi buang air besar. Jelas kita tahu jika posisi tersebut ada dua, yaitu jongkok dan duduk. Tergantung dari jenis toilet yang disediakan. Dari dua jenis tersebut sejauh ini masih bisa diterima, meski ada beberapa yang kesulitan pas melakukannya.

 

Bokong Sering Gatal? Ini Sederet Hal yang Jadi Pemicunya!

 

Posisi jongkok lebih baik dorong keluarnya kotoran

Ahli mikrobiologi Jerman, Giulia Enders, mengklaim jika buang air besar dengan posisi duduk itu salah. Nah lho!

Gadis kelahiran 1990 ini melihat banyaknya masyarakat yang memakai toilet duduk. Giulia bilang, seharusnya posisi mereka harusnya jongkok, bukan duduk.

 

Tata Aturan Buang Air Besar, Seperti Ini Loh Posisi yang Benar

 

Dalam bukunya yang berjudul Charming Bowels, Giulia menulis, kebiasaan BAB masyarakat Barat menerangkan mengapa hemoroid (wasir) dan penyakit usus seperti divertikulitis lebih umum di Barat daripada di Asia.

Giulia bilang, “1,2 miliar orang di dunia yang BAB jongkok hampir tak memiliki masalah diverticulitis dan lebih jarang terkena wasir.” Dilansir dari The Guardian.

 

Suka Bingung Bagaimana Cara Terbaik Bersihkan Area Belakang Usai BAB ?

 

Dari penelitian, ternyata posisi jongkok jauh lebih efektif untuk mengosongkan isi perut ketimbang duduk. Karena, posisi jongkok akan membuat sedikit tekanan pada usus yang bisa mendorong kotoran menuju lubang anus.

 

Tata Aturan Buang Air Besar, Seperti Ini Loh Posisi yang Benar

Giulia juga heran, mengapa masyarakat Barat jauh merasa yakin jika posisi duduk lebih baik. “Entah kenapa masyarakat Barat yakin kalau BAB duduk lebih beradab.”

Jadi, Giulia menyarankan untuk tetap buang air besar dalam keadaan jongkok. Jika ketemu toilet duduk, bisa mengakalinya dengan sanggahan pada kedua kaki, sehingga posisi jadi jongkok.

 

(Visited 3,526 times, 1 visits today)