Telapak Tangan ‘Ampuh’ Beri Sinyal Kesehatan!

0
0

Sejumlah studi menjelaskan bahwa telapak tangan pada dasarnya bisa menunjukkan masalah kesehatan yang tengah dialami tubuh. Yang jadi pertanyaan: Bagaimana cara untuk mengetahuinya? Untuk tahu lebih jelasnya, simak sederet poin berikut!

 

Tangan gemetar

Menurut periset, tangan gemetar bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari stres, cemas berlebih, atau terlalu banyak mengkonsumsi alkohol atau kopi. Bahkan, yang lebih parah, tangan gemetar bisa menjadi gejala awal penyakit Parkinson atau tremor esensial.

Kulit telapak tangan terkelupas

Kurangnya nutrisi dan air dalam tubuh bisa menyebabkan kulit telapak tangan terkelupas. Selain itu, terkelupasnya kulit tangan juga bisa dipicu oleh menurunnya hormon esterogen.  Ya, wanita lanjut usia pada umumnya mengalami hal itu.

Tangan kemerahan

Berhati-hatilah jika telapak tangan Anda berubah warna jadi kemerahan! Diungkapkan para peneliti, hal tersebut merupakan tanda sirosis alias gangguan pada organ hati. Sebagai informasi, warna kemerahan biasanya terjadi di sekitar pergelangan tangan dan tersebar dari ibu jari hingga kelingking.

Telapak tangan berkeringat

Saat gugup atau cemas, telapak tangan kita seringkali mengeluarkan keringat. Namun, waspadalah jika keringat di tangan Anda terjadi secara rutin. Pasalnya, hal tersebut merupakan sinyal hipertiroid alias berlebihnya kadar tiroid dalam darah, demikian dilansir Times of India.

Untuk tahu lebih jelas tentang keringat di telapak tangan, baca ini: Telapak Tangan Basah ‘Sinyal’ Sakit Jantung?

Nah, jika saat ini telapak tangan Anda memiliki gejala-gejala seperti di atas, segeralah kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Ingat, mencegah selalu lebih baik daripada mengobati!

(Visited 333 times, 1 visits today)