Tenggak Kopi Berlebihan Bisa Bikin ‘Halu’

0
11

Segala yang berlebihan tentulah tak baik, termasuk minum kopi. Bila diseruput dalam batas wajar, minuman nikmat tersebut punya segudang manfaat bagi kesehatan Anda. Beberapa diantaranya meliputi: mampu hilangkan rasa kantuk, turunkan risiko diabetes, atasi sakit kepala, sehatkan gigi, bahkan mencegah kanker mulut.

Ingin miliki kehidupan seksual mantap? Baca ini: Ingin Kuat di Ranjang? Rutin Tenggak Kopi!

Lantas, bagaimana jika ditenggak terlalu banyak? Berikut sederet ‘bencana’ yang bisa menimpa Anda:

 

Alami kecemasan

Minum kopi terlalu banyak berpotensi besar menyebabkan gangguan kecemasan. Menurut laporan dalam Jurnal Advances in Psychiatric Treatment, efek kopi terhadap otak cukup mendalam. Kafein dalam kopi punya kemampuan mengelabui otak yang mana sanggup menghalau rasa kantuk. Dijelaskan peneliti, pecandu kopi juga diketahui jadi lebih sensitif dan mudah tersinggung.

Berhalusinasi

Jika Anda terbiasa menyeruput 5 cangkir kopi setiap hari, ada baiknya ubah kebiasaan tersebut. Kenapa? Menurut Mayo Clinic, minum kopi terlalu banyak dapat membuat seseorang mengalami halusinasi dan delusi. Sebagai informasi, dua gangguan mental itu merupakan gejala umum dari skizofrenia, di mana penderitanya kerap mendengar hal-hal yang (sebenarnya) tak ada.

Gugup

Studi yang diterbitkan dalam The Medical Journal of Australia menyebutkan, terlalu banyak minum kopi dapat menyebabkan peningkatan detak jantung yang pada akhirnya bisa berujung pada kejang otot dan gelisah. Sementara menurut National Institutes of Health, ngopi berlebihan bisa menyebabkan mata berkedut dan jadi peka terhadap cahaya.

Osteoporosis

Dilansir  Medical Daily, kafein yang tersemat dalam kopi punyak dampak buruk bagi kesehatan tulang. “Ya, kami percaya bahwa terlalu banyak minum kopi bisa mengakibatkan masalah serius macam Osteoporosis” ugkap Dr. Robert H. Shmerling, ahli kesehatan Harvard Medical School.

Lalu, berapa banyak asupan kopi yang wajar diminum dalam satu hari? Para ahli mengatakan, dua cangkir perhari sejatinya sudah cukup! 

(Visited 146 times, 1 visits today)