Wah, Kulit Jeruk Ternyata Punya Segudang Manfaat Sehat!

0
1

Faktanya, saat makan jeruk, sebagian besar orang akan membuang kulit jeruk ke tempat sampah. Jika Anda termasuk salah satunya, cobalah ubah kebiasaan tesebut mulai saat ini! Kenapa? Kulit jeruk ternyata kaya akan protein, vitamin, mineral dan serat yang baik bagi kesehatan tubuh. Berikut sederet manfaat makan kulit jeruk yang perlu Anda tahu:

 

Turunkan risiko kanker

Salah satu alasan orang malas makan kulit jeruk adalah karena rasanya yang pahit. Tapi, perlu Anda catat, di balik rasa pahitnya itu kulit jeruk menawarkan manfaat yang sangat luar biasa yakni bisa menurunkan risiko terkena kanker. Tak tanggung-tanggung, kanker yang bisa ditangkal meliputi kanker kulit, payudara, serta usus besar.

Atasi masalah pernapasan

Jika Anda punya masalah dengan pernapasan, rajin-rajinlah makan kulit jeruk! Menurut riset, kulit jeruk sarat akan histamin yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem pernapasan. Mantapnya lagi, kulit jeruk juga dapat membantu Anda dalam membersihkan paru-paru dan mengobati asma.

Cegah penyakit jantung

Para ilmuwan mengklaim jika kulit jeruk kaya akan nobiletin. Senyawa tersebut dipercaya dapat menstabilkan kadar kolesterol dalam darah. Dengan mengonsumsinya secara rutin, penyakit jantung pun bisa dicegah.

Tangkal masalah pencernaan

Sering alami sembelit, muntah, atau mulas? Jika ya, cobalah untuk rutin konsumsi kulit jeruk! Kata peneliti, kulit jeruk kaya akan serat yang berkontibusi dalam meningkatkan kesehatan pencernaan. Demikian dilansir thehealthsite.com.

Jaga kesehatan mulut

Kulit jeruk juga punya manfaat mantap untuk kesehatan mulut Anda. Mengunyah kulit jeruk secara rutin diklaim dapat membuat mulut Anda jadi bersih dan segar. Tak hanya itu, menggosokkan bagian dalam kulit jeruk ke gigi juga dipercaya bisa membuat gigi jadi lebih putih.

Baca juga: Wah, Jadi Jones Ternyata Punya Manfaat Sehat! Nggak Percaya?

Lantas, adakah cara yang asyik untuk menikmati kulit jeruk? Ada, caranya mudah! Anda cukup memarut kulit jeruk lalu menaburkannya pada salad atau sayuran! 

(Visited 121 times, 1 visits today)