Hidung Tiba-Tiba Keluar Darah atau Mimisan? Ini Penyebabnya…

0
12
keluar darah

Pada umumnya, hampir semua orang pernah mengalami mimisan tiba-tiba. Hidung Tiba-Tiba Keluar Darah atau Mimisan? Ini Penyebabnya…

Pada umumnya, hampir semua orang pernah mengalami mimisan tiba-tiba. Kondisi ini bisa menyebabkan kepanikan apabila terjadi pada anak-anak, orang dewasa atau mereka yang lanjut usia. Perlu diketahui, bahwa mimisan atau epistaksis merupakan kondisi yang umum terjadi dan biasanya tidak mengancam jiwa. Lalu apa penyebab mimisan?

Beberapa kelompok orang memiliki risiko lebih sering mimisan, yaitu anak-anak berusia 2 hingga 10 tahun, lansia, ibu hamil, orang yang sering mengonsumsi obat pengencer darah (seperti aspirin) dan obat antikoagulan, serta pengidap kelainan darah, seperti hemofilia.

Selengkapnya simak beberapa penyebab mimisan pada orang dewasa berikut ini:

1. Gangguan Pendarahan

Ketika tubuh gagal membekukan darah, maka risiko pendarahan hebat bisa terjadi. Contohnya adalah hemofilia, yaitu ketika tubuh tidak dapat memproduksi salah satu faktor pembekuan darah. Akibatnya, ketika perdarahan terjadi maka hal itu akan sulit dihentikan. Pada akhirnya akan menyebabkan sering mimisan.

Ternyata Sering Mengeluh Membuat 2 Hal Ini Menjauh Lho..

2. Cedera Hidung

Mimisan disebabkan oleh cedera yang terjadi pada hidung dapat membuat pembuluh darah di dalamnya menjadi pecah. Septum atau sekat pemisah antara rongga hidung kanan dan kiri dapat bergeser, bahkan keretakan atau patah tulang pun dapat terjadi.

3. Genetik

Dalam beberapa kasus, penyebab sering mimisan oleh gen yang diturunkan dalam keluarga. Kondisi yang jarang terjadi ini disebut Hemoragik Herediter Telangiektasia (HHT) dan bisa memengaruhi pembuluh darah. Gejala mimisan utamanya adalah mimisan tiba-tiba dan berulang, yang akan memburuk seiring berjalannya waktu.

4. Sinusitis

Adanya peradangan pada area sinus dapat memengaruhi pembuluh darah di dalamnya. Peradangan membuat area sekitar menjadi memerah karena melebarnya pembuluh darah yang rentan pecah.

Jangan Dulu Ke Dokter Gigi, Ini 5 Obat Ampuh Atasi Sakit Gigi…

5. Darah Tinggi

Mimisan tiba-tiba bukanlah gejala atau akibat dari tekanan darah tinggi. Meskipun jarang terjadi, tekanan darah tinggi yang parah dapat memperburuk atau memperpanjang pendarahan pada seseorang yang mengalami mimisan.

(Visited 2,781 times, 1 visits today)