Ini 3 Perbedaan Antara Fotografer dengan Tukang Foto!

0
191
perbedaan

Apa beda fotografer dan tukang foto? Sebuah pertanyaan yang masih kerap diajukan dan diperdebatkan. Ini 3 Perbedaan Antara Fotografer dengan Tukang Foto!

Dibalik keindahan foto yang tercipta ada orang – orang hebat dibelakangnya, fotografer dan tukang foto merupakan seseorang yang mempunyai jasa besar dalam mengabadikan moment menarik dan langka. Kamera dan orang dibaliknya bersama – sama dalam menciptakan karya yang indah, saling bekerja sama dan membutuhkan satu sama lain.

Saat ini, fotografer merupakan profesi yang banyak dilakoni oleh banyak orang, berbagai macam alasan seseorang akhirnya menentukan jalan hidupnya untuk menjadi seorang fotografer. Mulai dari sekedar menyalurkan hobi atau memang menjadikan fotografer sebagai profesi utama untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Tukang foto dan fotografer merupakan seseorang yang menggunakan kamera sebagai alat utamanya dan menghasilkan produk yang sama yaitu foto, namun terdapat beberapa perbedaan antara keduanya.

Xiao Yun Do, Fotografer Alam Berparas Cantik Incaran Kaum Adam!

Tahukah kalian apa perbedaan antara keduanya? Ataukah sama saja?

Genre Foto

Genre sendiri adalah macam – macam jenis foto yang dihasilkan dalam fotografi, beberapa diantaranya adalah fotografi alam liar, foto jurnalistik, foto portaithuman interest dan lain sebagainya.

Fotografer memilih suatu genre fotografi tertentu, karena dari kesukaan dan kecenderungannya masing – masing. Berbeda dengan seorang tukang foto, biasanya sebutan tukang foto disematkan kepada seseorang yang bekerja untuk mengabadikan moment orang – orang ketika berada di tempat rekreasi.

Keahlian

Mengenai keahlian, sebenarnya baik tukang foto atau fotografer sama – sama memiliki pengetahuan dasar dari fotografi. Seperti mengerti tentang kamera, flash dan peralatan lainnya. Namun yang membedakan biasanya adalah tingkatan dari keahlian yang dimiliki oleh masing – masing.

Fotografer lebih banyak menguasai pengetahuan tentang fotografi, baik itu teknik fotografi, angle, segitiga exposure, pencahayaan dan lain sebagainya. Sedangkan seorang tukang foto biasanya tidak begitu menguasai tentang fotografi itu sendiri.

Tips Menghasilkan Foto yang Instagram-able Ala Pria Kekinian!

Tempat Bekerja

Seorang tukang foto biasanya mencari konsumen serta memotret konsumennya di area rekreasi atau tempat wisata. Sehingga keseharian dari seorang tukang foto banyak dihabiskan untuk bekerja di area wisata.

Namun seorang fotografer biasanya menggunakan sebuah studio yang sudah di tata sedemikian rupa untuk menjadi tempat kerjanya, namun bukan tidak mungkin seorang fotografer bekerja di luar ruang/outdoor.

(Visited 1,482 times, 1 visits today)