Ini 5 Cara Bijak Agar Uang THR Digunakan Secara Baik dan Benar…

0
2
uang thr

THR atau Tunjangan Hari Raya merupakan hak karyawan yang harus diberikan oleh perusahaan. Ini 5 Cara Bijak Agar Uang THR Digunakan Secara Baik dan Benar…

Setelah sudah mendapatkan THR, kamu mulai memikirkan barang-barang impian yang sudah kamu impikan, baju baru, celana baru, pokoknya segala sesuatu yang baru. Tapi dengan pola pikir yang demikian, maka uang THR kamu akan ludes dalam waktu singkat dan penggunaannya tidak bermanfaat.

Agar kehadiran THR tidak cepat ‘datang dan pergi’ di rekening, kamu harus mengelolanya dengan baik. Jadi saat menerima THR, kamu harus tahu 5 cara bijak ini dalam memakai uang THR.

1. Prioritaskan Untuk Hari Raya

Sesuai dengan namanya, Tunjangan Hari Raya, maka uang ini memang ditujukan untuk digunakan pada Hari Raya Lebaran. Jadi prioritaskan penggunaannya untuk keperluan Lebaran, seperti membeli tiket mudik, baju baru, dan menyiapkan THR untuk saudara-saudara di kampung nanti. Meski diprioritaskan untuk Hari Raya, bukan berarti kamu habiskan semua uang THR untuk hal ini ya.

Lebaran Mau Ke Rumah Calon Mertua? Pakai 5 Tips Berikut Ini!

2. Sisihkan Untuk Ditabung

Seringkali permasalahan utama yang menghalangi kamu untuk menabung adalah karena tidak punya uang untuk ditabung. Nah, Uang THR ini bisa jadi sumber penghasilan tambahan yang bisa membantu kamu mendongkrak jumlah tabungan kamu yang tadinya hanya segitu-gitu saja. Pisahkan sejumlah uang THR yang kamu dapat ke dalam rekening tabunganmu.

3. Utamakan Bayar Kewajiban

Gunakan THR untuk membayar kewajiban-kewajibanmu terlebih dahulu, misalnya hutang, pajak, cicilan, kartu kredit dan zakat fitrah. Dengan membayar hutang, jadinya kamu tidak bisa membelanjakan barang kebutuhan Lebaran, namun ini efeknya bagus bagi dirimu sendiri untuk meringankan beban tanggungan nanti.

4. Pisahkan Gaji dan THR

Selain THR, bulan ini kamu juga tetap mendapatkan gaji bulanan seperti biasa. Jangan mencampurkan antara uang THR dan gaji. THR bisa kamu gunakan untuk kebutuhan-kebutuhan di atas, sedangkan uang gaji sebaiknya hanya digunakan untuk membiayai kebutuhan rutinitas seperti biasa.

Sudah Siap-siap Untuk Mudik Lebaran? 9 Barang Ini Wajib Dibawa Ya!

5. Berbagi dengan yang Membutuhkan

Setelah kamu mendapatkan berkat berupa uang THR ini, sekarang saatnya kamu juga menyalurkan berkat itu ke orang lain yang lebih membutuhkan. Bukalah mata dan lihatlah orang-orang di sekitarmu. Ada sangat banyak orang yang membutuhkan uang. Dengan berbagi, kamu akan merasakan betapa bahagianya hidup ini dan uang THR-mu jadi terpakai untuk hal yang bermakna bagi orang lain.

(Visited 54 times, 1 visits today)