Ini 5 Tips Agar Anda Bisa Tidur Lebih Nyenyak Malam Ini…

0
1
lebih nyenyak

Pasti hampir dari kita semua akui, tidur adalah obat terbaik untuk sebagian besar masalah yang kita hadapi. Ini 5 Tips Agar Anda Bisa Tidur Lebih Nyenyak Malam Ini…

Tidur akan mempengaruhi kemampuan kita untuk menghadapi tantangan secara langsung dan menjadi lebih produktif setiap hari. Kurangnya tidur akan mempengaruhi produktivitas kita sepanjang hari.

Nah, lagi sibuk-sibuknya dan jam tidur hanya dapat seadanya? Coba deh 5 tips berikut ini agar Anda bisa tidur nyenyak malam ini:

1. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat membuat tubuh kita rileks. Saat kita mandi air hangat, suhu tubuh kita akan sedikit meningkat. Setelah kita keluar dari kamar mandi, langsung keringkan diri kita dengan handuk agar tubuh mendingin dengan cepat. Hal ini akan membuat tubuh berada dalam keadaan yang jauh semakin lebih rileks. Ketika kita rileks, pasti kita bisa tertidur dengan lelap jauh lebih cepat dari biasanya.

2. Jangan Main Gadget

Mengurangi pemakaian teknologi disini bukan sepanjang hari kita harus menjauhkan diri dari teknologi, tapi hanya beberapa saat sebelum tidur saja. Banyak dari kita yang menaruh smartphone di meja samping tempat tidur supaya kita bisa mendengar alarm besok. Isi waktu sebelum tidur kita untuk melakukan hal-hal yang tidak menggunakan teknologi digitalseperti misalnya membaca buku. Letakkan juga smartphone kita di daerah yang cukup jauh dari tempat tidur kita.

Susah Tidur?, Ini Cara Mengatasinya

3. Tidur Sebelum Jam 11 Malam

Tidur adalah cara penting untuk beristirahat, mengisi ulang dan memberi nutrisi bagi tubuh dan pikiran kita. Meskipun berbeda dari orang ke orang, kita cenderung secara alami merasa lelah antara jam 10.45 malam dan jam 11 malam menurut jam biologis kita. Ikutilah jam biologis tubuh dan kita akan merasa lebih segar saat bangun tidur.

4. Tidur dalam Ruangan yang Gelap

Sinar matahari dapat menghambat pelepasan hormon melatonin di otak kita. Melatonin adalah hormon alami yang dikeluarkan dalam darah kita selama kegelapan dan membantu tubuh kita merasa lebih rileks dan kurang waspada. Karena itu tidurlah dalam ruangan yang segelap mungkin agar hormon melatonin kita bisa terlepas.

5. Hindari Kafein Setelah Jam 1 Siang

Kopi yang dikonsumsi 6 jam sebelum tidur akan sangat mempengaruhi siklus tidur. Semakin jauh jarak antara konsumsi kopi dengan jam tidur kita, semakin baik kualitas tidur yang akan kita dapatkan. Kita memang memiliki tanggung jawab dan beban masing-masing yang harus diselesaikan setiap harinya, tapi ingatlah bahwa tubuh kita memerlukan istirahat agar kita bisa tetap fit untuk memenuhi semua tanggung jawab itu.

 

(Visited 513 times, 1 visits today)