Ini 5 Tips Puasa di Kantor Agar Kerja Tetap Semangat Sepanjang Hari

0
3
Tips Puasa

Saat puasa, pekerjaanmu di kantor tak serta merta berubah jadi lebih ringan hanya karena kamu sedang berpuasa. Ini 5 Tips Puasa di Kantor Agar Kerja Tetap Semangat Sepanjang Hari

Bagi beberapa orang, pekerjaan justru menggunung di minggu pertama. Rasa lelah dan kantuk pasti menyerang setiap hari. Rasanya, ingin saja berbuka di siang hari dan merebahkan badan.

Walau begitu, jangan buru-buru menyerah serta membatalkan puasamu. Kamu masih tetap bisa meningkatkan semangat berpuasa dan bekerja secara bersamaan. Memang terasa lebih lelah bekerja tanpa makan dan minum. Namun ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan supaya kamu tidak cepat lelah bekerja saat berpuasa.

1. Menguatkan niat

Supaya bisa menjalani bekerja dan berpuasa beriringan, perkuat niat kamu dan berserah diri pada Yang Kuasa, niscaya kamu bisa berpuasa tanpa kendala. Pahami bahwa bekerja juga merupakan ibadah, sehingga bekerja selagi berpuasa inshaallah dapat menghasilkan pahala yang berlipat ganda pada bulan Ramadhan ini.

Ini Lho Alasannya, Kenapa Berbuka Puasa Itu Harus dengan yang Manis…

2. Siasati perjalanan pagi

Awal Ramadhan biasanya adalah masa yang paling berat. Perubahan pola tidur karena harus makan sahur biasanya membuat bangun pagi menjadi terasa berat. Cara mensiasatinya adalah dengan mengusahakan untuk tidak tidur setelah makan sahur dan segera berangkat ke kantor. Sampai di kantor, kamu jadi punya cukup waktu untuk melanjutkan tidur hingga jam kerja dimulai.

3. Hindari banyak bicara

Jika kamu termasuk orang yang suka bicara atau cerewet, sebaiknya kurangilah kebiasaan tersebut saat berpuasa di kantor, karena berbicara pun bisa menghabiskan energi. Selain itu untuk menjaga diri dari bergosip atau membicarakan hal-hal yang bisa mempengaruhi nilai puasa kamu. Gantilah dengan perbanyaklah berzikir meski hanya dalam hati.

4. Pergunakan istirahat makan siang

Coba untuk tidur selama 15 menit saat istirahat untuk mengembalikan konsentrasi, fokus dan semangat dalam beraktifitas. Manfaatkanlah istirahat jam makan siang di kantor untuk tidur selama 15 menit. Tapi jangan tidur terlalu lama ya, karena justru akan membuat kita tidak fit.

5. Jangan lembur

Jika biasanya kita menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk dengan menambah jam kerja atau lembur, di bulan puasa sebaiknya kita pulang lebih cepat. Selain supaya bisa menikmati berbuka puasa di rumah bersama keluarga, melaksanakan salat tarawih, kita juga punya lebih banyak waktu tidur supaya tidak terlambat bangun sahur.

(Visited 82 times, 1 visits today)