Ini Bahayanya Kalau Kamu Tekan Snooze Button Setiap Pagi

0
1

Menekan snooze button saat alarm berbunyi sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Bahkan, banyak yang sengaja memasang banyak alarm dengan waktu yang berbeda-beda supaya dia bisa bangun berkali-kali. Tau nggak, POPle, kalau keseringan menekan snooze button itu justru berbahaya bagi kesehatan tubuhmu? Bukannya bikin kamu segar karena bisa tidur sedikit lama, tapi malah bikin kamu ngantuk dan lemas seharian! Apa, sih, alasannya?

Mengacaukan Fase NREM dan REM Tidur

Fase NREM adalah serangkaian tahapan yang dilewati seseorang saat tidur sebelum masuk ke fase REM. Pada fase ini, organ tubuhmu akan benar-benar beristirahat. Fase REM (Rapid Eye Movement) adalah waktu di mana kamu sedang tertidur dengan kondisi aktivitas detak jantung dan otak yang meningkat. Di fase ini, kamu biasanya akan bermimpi, tergantung dari tingginya aktivitas otakmu. Saat kamu terbangun untuk menekan snooze button, kamu otomatis akan keluar dari fase REM. Dengan waktu tambahan sekitar 5–10 menit, kamu akan memaksa tubuhmu untuk kembali ke dalam fase REM lewat fase NREM. Padahal, seseorang idealnya memasuki fase REM setelah tertidur selama 70–90 menit. Fase REM itu berperan penting untuk meningkatkan daya konsentrasimu, lho. Kalau fase REM POPle terganggu, kamu bisa bengong dan lemas seharian.

Baca juga: Cukup 20 Detik, Peluk Pasangan Bisa Bantu POPle Jauh Dari Stres

Tubuhmu Jadi Kebingungan

Waktu tidur yang paling baik adalah 6–7 jam per hari. Akan tetapi, kualitas tidur harus tetap terjaga supaya kamu bisa bangun dengan perasaan segar dan bugar. Tubuh manusia mempunyai jam biologis yang akan mempersiapkan tubuhmu sebelum bangun, seperti melepaskan hormon untuk energi tubuh. Kalau POPle kebangun berkali-kali untuk pencet tombol snooze, jam biologis tubuhmu akan kebingungan karena waktu tidur yang tidak pasti. Jadi, ada baiknya kamu hanya memasang alarm sekali dan tentukan waktu yang paling baik untuk bangun. Dengan begitu, POPle bisa memberi waktu bagi tubuhmu untuk beradaptasi sebelum kamu benar-benar bangun.

Baca juga: Seks Bisa Jadi Alternatif Olahraga? Benar atau Salah, ya?

Butuh info lainnya? Langsung aja dapetin Video petunjuknya dari aplikasi POPULARNow yang bisa langsung diunduh di Google Playstore dan iOS Store.

 

 

 

(Visited 11 times, 1 visits today)