Ini Sebab Anda Merinding dan Apa yang Terjadi Pada Tubuh

0
3
tubuh

Siapa pun yang pernah merasakan merinding dapat segera mengenali tandanya, mulai dari bulu berdiri serta tubuh gemetar secara tiba-tiba dan tidak terkendali.

Semua orang mengalami merinding dari waktu ke waktu. Ketika itu terjadi, bulu-bulu di lengan, kaki, atau dada Anda berdiri tegak. Seperti yang mungkin Anda perhatikan, merinding cenderung terbentuk ketika Anda kedinginan, rambut-rambut di kulit akan berdiri dan menjebak lapisan udara yang dekat dengan kulit. Merinding juga terbentuk ketika Anda mengalami perasaan emosional yang kuat, seperti ketakutan ekstrem, kesedihan, kegembiraan, dan gairah seksual.

Pada dasarnya ada dua jenis merinding yang menyebabkan respon fisiologis, yaitu yang Anda dapatkan dari rangsangan fisik atau reaksi tubuh terhadap perasaan dingin, dan yang berasal dari rangsangan emosional. Bagaimana itu muncul pada tubuh Anda, tergantung pada pemicu mana yang terjadi.

Merinding juga terjadi selama aktivitas fisik, bahkan untuk aktivitas kecil, karena mengaktifkan sistem saraf simpatik atau insting Anda. Kadang-kadang, merinding pun dapat muncul tanpa alasan sama sekali.

Pada tingkat yang paling dasar, merinding dapat membuat Anda tetap hangat. Saat Anda kedinginan, gerakan otot yang dapat memicu merinding juga akan menghangatkan tubuh Anda. Saat tubuh Anda memanas, merinding perlahan akan mulai menghilang. Hal yang sama berlaku untuk aktivitas tubuh yang dapat menyebabkan merinding pun akan hilang.

tubuh

Tubuh Anda bekerja keras untuk mempertahankan suhu yang relatif konstan. Dalam kondisi dingin, memicu respon yang mirip dengan apa yang terjadi pada suhu lingkungan yang dingin, termasuk stimulasi saraf simpatik pada kulit Anda. Dengan demikian, merinding dapat terjadi jika Anda demam, bersamaan dengan menggigil.

Ketika Anda mengalami emosi yang ekstrem, tubuh manusia merespon dengan berbagai cara. Dua respon umum termasuk peningkatan aktivitas listrik di otot tepat di bawah kulit dan peningkatan kedalaman atau beratnya pernapasan. Dengan respon ini, Anda juga mungkin melihat keringat atau peningkatan detak jantung Anda. Emosi yang intens dapat ditimbulkan oleh apa yang Anda pikirkan, dengar, lihat, cium, cicipi, atau sentuh.

Tanpa Anda Sadari, Ini Hal-hal yang Dilakukan Tubuh Setiap Pagi

Di antara fungsi-fungsi lain, sistem saraf simpatik merangsang respon Anda. Ini adalah reaksi seketika, didorong oleh adrenalin yang muncul setiap kali Anda menghadapi situasi yang berbahaya atau menakutkan. Dengan demikian, rasa takut sering disertai dengan merinding, membuat bulu di kulit Anda berdiri.

Emosi yang kuat dan intens juga sering memicu merinding. Gairah seksual pun dapat menyebabkan merinding pada beberapa orang. Merinding biasanya terjadi pada saat itu, tetapi juga dapat berkembang ketika mengingat ingatan emosional, mendengarkan musik atau bahkan memikirkan lagu-lagu tertentu dianggap berkaitan dengan memancing perasaan atau ingatan emosional yang kuat.

Penting Tahu! 5 Gerak-gerik Bahasa Tubuh Ini Menunjukkan Perasaan Cinta Si Dia..

Merinding dikaitkan dengan perasaan tersentuh secara emosional baik dengan cara yang gembira atau sedih, terkadang bisa keduanya sekaligus. Ini adalah salah satu tempat di mana Anda dapat melihat jembatan antara pikiran dan tubuh.

(Visited 550 times, 1 visits today)