Inilah 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Selalu Mendengarkan Musik…

0
3
5 alasan

Faktanya, saat mendengarkan musik ternyata bisa memberikan efek pada kesehatan. Inilah 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Selalu Mendengarkan Musik…

Siapa pun pasti suka mendengarkan musik. Bahkan sampai ada yang bilang hidup tanpa musik laksana sayuran tanpa garam. Hambar. Setuju?

Tapi apakah musik hanya sekadar hiburan bagi kamu? Oh, jelas tidak. Faktanya, saat mendengarkan musik ternyata bisa memberikan efek pada kesehatan. Berikut bocoran manfaat musik bagi kesehatan buat kamu.

1. Musik bagus untuk jantung

Rumah Sakit Umum Massachusetss, Amerika, telah menunjukkan hasil pengamatan bahwa pemulihan beberapa pasien pasca operasi jantung dipengaruhi oleh aktivitas mendengarkan musik. Bagi pasien yang rajin mendengarkan alunan piano Mozart selama setengah jam setiap harinya, mereka mengalami perubahan denyut jantung dan tekanan darah yang kembali stabil ketimbang mereka yang tidak mendengarkan musik.

Boleh Dicoba! Yuk Bekerja Sambil Dengerin Musik. Baik Buat Kesehatan Lho..

2. Mampu Meredakan Rasa Nyeri

Nah, kalau ingin sembuh dari sakit atau setidaknya meringankan rasa sakit yang kita derita, mendengarkan musik dengan alunan kalem seperti musik klasik, baik Mozart maupun Bach adalah pilihan super tepat. Sensasi tenang yang ditimbulkan setelah mendengarkan musik ini akan membuat kita merasa lebih aman dan nyaman. Sebab aktivitas jantung kita juga stabil.

3. Memperkuat Sistem Imunitas Tubuh

The Community Music School di Michigan State University menemukan fakta bahwa mendengarkan musik dapat meningkatkan produksi interleukin-1 yang memang mendorong peningkatan sistem imunitas tubuh kita. Penemuan ini sudah tercatat di buku The Rebirth of Music.

4. Mengontrol Obesitas

Poin ini terkait juga dengan cara makan, lho. Saat kamu mendengarkan musik yang soft dan membuat rileks ketika makan, cara makanmu juga bisa kalem, dan lebih bisa menikmati hasil setiap kunyahan makanan. Efeknya, kamu tak akan makan terburu-buru.

Dengerin Sederet Musik Ini Yuk, Biar Kalian Semangat Kerja…

5. Meminimalisir Kesedihan

Musik bisa merepresentasikan suasana hatimu. Tapi kalau hatimu sedang gundah gulana dan tidak ingin semakin larut, cobalah mendengarkan musik yang menyenangkan. Tidak harus selalu rancak dan menghentak, tapi selama itu positif dan enak didengar, justru bisa membantumu mengatasi rasa sedih.

(Visited 18 times, 1 visits today)