Inilah 7 Perayaan Hari Ibu di Berbagai Belahan Dunia!

0
0
belahan dunia

Di Hari Ibu, kita memanfaatkan momen untuk mengungkapkan rasa sayang kita kepada ibunda tercinta. Inilah 7 Perayaan Hari Ibu di Berbagai Belahan Dunia! 

Rasanya, meski setiap hari kita jadikan Hari Ibu, itu belum cukup untuk membalas jasa dan cinta ibu pada kita. Namun, di Hari Ibu, kita memanfaatkan momen untuk mengungkapkan rasa sayang kita kepada ibunda tercinta. Rasa terima kasih dan syukur bahwa beliau telah menjaga dan menyayangi kita hingga kita menjadi diri kita seperti sekarang ini.

Hari Ibu jatuh pada tanggal yang berbeda-beda di seluruh dunia. Hari itu dirayakan dengan tradisi yang berbeda-beda pula. Berikut beberapa momen Hari Ibu di seluruh dunia dan tradisi yang mengisi hari spesial tersebut.

1. Australia

Hari Ibu di Australia diperingati di setiap Hari Minggu kedua pada bulan Mei. Di Hari ini para anak akan membuat kartu ucapan spesial dan membelikan bunga untuk ibu mereka. Tidak hanya itu, mereka juga memberikan bunga untuk nenek, tante atau wanita manapun yang pernah menjaga mereka di masa kecil. Selain bunga dan kado, anak-anak juga mengekspresikan cinta mereka ke pada ibu dengan membuat kue dan sarapan pagi untuk ibunya.

2. Kanada

Di Negara yang terletak di selatan Amerika ini, Hari Ibu merupakan hari terpenting yang ada setelah Hari Natal dan Hari Valentine. Hari Ibu di Kanada jatuh pada Hari Minggu kedua di bulan Mei. Sama seperti di Australia, rasa cinta terhadap ibu diungkapkan melalui bunga dan kartu ucapan. Selain itu, mentraktir para ibu untuk makan malam di restoran mewah juga menjadi salah satu tradisi yang biasa di negara ini.

Selamat Hari Ibu Buat 7 Hot Mama Indonesia Ini!

3. Meksiko

Hari Ibu di Meksiko jatuh pada tanggal 10 Mei. Hari Ibu di negara ini dirayakan dengan orang-orang yang memakai baju-baju berwarna meriah. Gereja-gereja juga akan membuat acara khusus untuk para Ibu. Pagi hari, gereja-gereja tersebut akan memasak makanan tradisional “tamales” dan “atole” untuk diberikan pada ibu-ibu di sekitar gereja.

4. Inggris

Hari Ibu di Inggris tidak memiliki tanggal pasti pada kalender Masehi. Orang Inggris merayakan hari ibu tinga minggu sebelum Hari Paskah. Pada hari ini anak-anak akan memberikan rangkaian bunga kepada ibu mereka sebagai tanda cinta. Para anak akan pergi ke gereja yang ada di dekat tempat kelahiran ibu mereka, bukan gereja yang terdekat dengan tempat tinggal mereka. Semangat Hari Ibu sangatlah tampak di Inggris. Seluruh pusat perbelanjaan akan menawarkan diskon khusus untuk perlengkapan hari Ibu.

5. Amerika Serikat

Sejarah Hari Ibu di Amerika Serikat dimulai untuk mengenang Anna Jarvis. Kemudian, hari Ibupun disahkan oleh Presiden Woodrow Wilson untuk dirayakan di setiap Hari Minggu kedua di bulan Mei, bertepatan dengan Joint Revolution di tanggal 8 Mei 1914. Hari Ibu di Amerika Serikat dirayakan besar-besaran dengan bunga dan kartu ucapan. Restoran-restoran biasanya sudah dipesan dan penuh beberapa hari menjelang Hari Ibu. Kebanyakan para Ibu tidak akan diperbolehkan bekerja dan memasak di hari Ibu.

Setelah MILF, WHIP, Terbitlah TSWDHHST! Apa Itu?

6. Thailand

Hari Ibu di Thailand jatuh pada tanggal 12 Agustus. Hari ini dipilih juga sebagai peringatan ulang tahun Ratu Sirikit. Sirikit merupakan ibu negara yang sangat dihormati akibat aksi sosialnya. Dia juga menjadi presiden palag merah Thailand sejak 1956. Ia juga menaruh perhatian besar terhadap pengungsi dari Kamboja dan Myandar yang tinggal di Thailand. Hampir mirip dengan kebanyakan negara lain, Hari Ibu di Thailand dirayakan dengan menghadiahi para ibu dengan bunga dan kue-kue buatan sang anak sendiri.

7. Indonesia

Di Indonesia, Hari Ibu jatuh pada tanggal 22 Desember. Tanggal ini telah disahkan Presiden Soekarno dalam Dekrit Presiden no. 316 tahun 1953. Hari tersebut bertepatan dengan ulang tahun ke-35 Kongres Perempuan Indonesia 1928. Kongres ini dimaksudkan untuk meningkatkan hak-hak perempuan di bidang pendidikan dan pernikahan.

Perayaan Hari Ibu juga diciptakan Presiden Soekarno untuk menghormati pahlawan-pahlawan perempuan selain Kartini (yang sudah memiliki harinya tersendiri) seperti Cut Nyak DIen, Dewi Sartikan dan Nyai Ahmad Dahlan. Hari Ibu di Indonesia biasanya dimeriahkan dengan acara-acara seperti lomba masak dan lomba memakai kebaya.

(Visited 61 times, 1 visits today)