Inilah Beberapa Tipe Bos yang Membuat Kita “Gerah”

0
19
Tipe Bos

Banyak beragam faktor yang membuat kita betah dengan pekerjaan kita. Salah satunya ialah Bos kita. Inilah Beberapa Tipe Bos yang Membuat Kita “Gerah”

Betah di suatu pekerjaan itu disebabkan oleh banyak faktor. Lingkungan pekerjaan yang menyenangkan (dalam arti teman-teman yang baik, fun dan cocok), pekerjaan yang benar-benar sesuai dengan kepribadian, lokasi tempat kerja yang berada dekat tempat tinggal, atau bisa saja karena di kantor banyak sekali wajah-wajah cantik dan rupawan sehingga membuat semangat setiap hari berangkat ke tempat kerja.

Ada lagi faktor penting yaitu chemistry atau kecocokan dengan atasan. Ini juga tidak kalah menjadi salah satu faktor pendukung kita betah kerja di suatu perusahaan. Jika kita mendapatkan atasan yang cocok (dalam arti kepribadian, cocok dalam pandangan mengenai pekerjaan, cocok dalan berbagi ilmu, dll) tentunya akan membuat kita sendiri lebih betah bekerja.

Namun, berikut ini adalah beberapa tipe bos yang bisa membuat kita merasa ‘gerah’.

1. Pintar Sendiri, Pelit Berbagi

Bos tipe ini mungkin merasa dirinya pintar, dan hanya dirinya yang boleh menjadi semakin pintar. Anak buahnya hanya diberikan pekerjaan rutin yang tidak menambah pengetahuan. Bos tipe ini biasanya punya perasaan insecure, takut ketika anak buahnya lebih pintar maka posisinya akan disalip oleh anak buahnya.

Punya Rasa Empati, Salah Satu Ciri Bos atau Atasan Anda Hebat!

2. Terlalu Detail dan “Kepoh”

Bos tipe ini seharusnya masih berada di posisi officer, dimana dia masih memperhatikan hal-al yang terlalu kecil yang seharusnya sudah dikerjakan oleh bawahan-bawahannya. Bos tipe ini biasanya memang punya kepribadian “kepoh” dan tidak bisa melepaskan tanggung jawabnya kepada bawahannya. Ciri-ciri bos ini biasanya dia rutin berkeliling dan berkunjung ke satu-satu bilik karyawannya, menanyakan dengan detail apa yang sedang dia kerjakan.

3. Short Term Decission

Bos tipe ini mulutnya “lemes” keputusan-keputusan yang keluar dari mulutnya bisa berubah dalam hitungan detik. Seringnya perubahan keputusan ini mengakibatkan bawahannya harus menanggung kesusahan. Berganti kebijaksanaan setiap beberapa menit sekali nampaknya sudah menjadi kebiasaan. Ciri-ciri bos ini biasanya banyak berbicara tanpa berpikir.. atau berbicara dulu baru berpikir.. yang pasti berpikirnya belakangan.

4. Terlalu Cuek

Yang  ini kebalikan dari bos “kepoh” cenderung tidak perduli dengan apa yang dkerjakan oleh anak buahnya. Jika tidak diberi laporan, maka dia tidak akan bertanya. Jika bos tipe ini punya anak buah yang mandiri dan bertanggung jawab, maka tentu pekerjaan dapat diselesaikan. Namun jika anak buahnya cenderung perlu arahan, perlu bimbingan dan kurang berinisiatif, maka niscaya tidak aka nada pekerjaan yang dapat selesai dengan baik.

5. All by My Self

Bos yang satu ini sepertinya tidak membutuhkan team atau bawahan, lebih suka mengerjakan semua pekerjaan sendiri. Entahtidak percaya pada bawahan, atau memang tidak ingin mendelegasikan pekerjaan, atau memang suka sekali bekerja, atau memang pelit, atau memang serakah.. entahlah.. yang pasti mungkin gunanya bawahan adalah hanya untuk menjadikan dia atasan.

(Visited 45 times, 1 visits today)