Inilah Fakta Menarik dari Donat. Kudapan Nikmat Siap Disantap Setiap Saat!

0
3
donat

Siapa sih yang tidak suka ngemil donat? Sepertinya hampir semua kalangan usia menyukainya. Inilah Fakta Menarik dari Donat. Kudapan Nikmat Siap Disantap Setiap Saat!

Donat, camilan berbentuk kue bulat yang di tengah-tengahnya bolong. Camilan ini memang sangat populer sejak zaman dahulu. Toppingnya yang beraneka ragam dan warna-warni sungguh menarik untuk dilihat apalagi dimakan. Namun disamping itu semua, ternyata camilan ini juga menyimpan banyak fakta tersembunyi di dalamnya yang mungkin saja kamu belum pernah tahu tentang fakta tersebut.

Inilah fakta menarik dari donat yang belum banyak kalian ketahui:

1. Kue Berminyak

Tahukah kamu kalau donat ternyata disebut sebagai kue berminyak ketika pertama kali ditemukan? Hal ini karena saat sebelum perang revolusi di Amerika, pembuatan kue dengan cara digoreng masih belum lazim. Zaman dahulu, kebanyakan kue umumnya dipanggang di atas tungku. Beda sekali dengan donat yang harus digoreng menggunakan minyak. Oleh karena itu, donat dahulu dikenal juga dengan sebutan oily cakes atau kue berminyak.

Pernah Makan Mie Rebus di Warkop Dong! Kenapa Lebih Enak Ya Rasanya?

2. Tak Sengaja

Sampai saat ini sebenarnya belum diketahui siapa penemu donat yang pertama. Tetapi sebuah kisah menyebutkan bahwa adonan donat yang bolong di tengahnya itu ternyata berasal dari ketidaksengajaan. Adonan donat tersebut tidak sengaja terinjak oleh sapi dan ketendang hingga masuk ke minyak panas, itu mengapa kue ini memiliki bagian bolong di tengahnya.

3. Kue Tersehat

Banyak yang mengatakan kalau kue donat ini tidak sehat karena dibuat dengan cara digoreng. Cara ini akan menimbulkan banyak kalori karena minyak yang menjadi penyebab utama penyakit kolesterol dan cara pembuatannya juga tidak terdapat banyak gizi. Namun, setelah diteliti lebih lanjut, perbandingan kalori antara kue donat jelly, bagel dan croissant, justru kue donatlah yang memiliki jumlah kalori terendah diantara ketiganya.

4. Gadis Pengantar Donat

Pada zaman perang, donat menjadi makanan favorit para tentara yang berada di medan perang. Gadis yang bertugas membuat donat dan mengantarkan donat tersebut ternyata disebut sebagai doughnut girl. Sedangkan, prajurit yang menanti kedatangan gadis pengantar donat tersebut disebut dengan doughnut boy.

Topping Donat Unik Heboh di Jepang!

5. Rekor Makan Donat

Ada dua rekor makan donat yang pernah dibuat, yaitu makan donat berselai dan makan donat yang berlumuran bubuk gula. Untuk donat selainya, rekor makan ini dipegang oleh Lup Fun Yau dan Steve McHugh, keduanya berasal dari Inggris. McHugh pertama kali membuat rekor makan 6 donut berselai di tahun 2002 dan Fun Yau di tahun 2007. Di tahun 2012, Patrick Bertoletti yang berasal dari Amerika Serikat bahkan memakan tiga donut berselai dalam satu menit.

(Visited 51 times, 1 visits today)