Jangan Kaget Kalau Dokter Gigi Menanyakan Soal Kehidupan Seks, Ini Alasannya!

0
5

POPle pernah dengar soal HPV? HPV (Human Papillomavirus) merupakan sebuah virus yang menumbuhkan kutil di tubuhmu, mulai dari kaki, tangan, sampai daerah vital. Nah, virus HPV ini ternyata juga dapat menular lewat mulut. Karena itu, jangan heran jika dokter gigi menanyakan soal aktivitas seksmu untuk memeriksa kesehatan mulutmu secara meluruh.

HPV Mulai Menyebar di Mana-mana!

Menurut hasil analisis University of Wisconsin School of Medicine and Public Health, sebelum tahun 1990, hanya 21% dari seluruh penderita kanker oropharyngeal yang terkena virus HPV. Namun, setelah tahun 2000, jumlah tersebut terus bertambah. Para peneliti percaya bahwa hal ini bisa diantisipasi dengan kesadaran pasien untuk memeriksaan diri ke dokter gigi, khususnya orang-orang yang aktif melakukan oral seks. Selain itu, HPV bisa dicegah dengan vaksin HPV, yaitu Cervarix, Gardasil, dan Gardasil 9.

Baca juga: Semakin Tua, Mr.P Semakin Kecil. Masa, sih?

Antisipasi Terhadap HPV di Mulut Masih Kurang

Sebuah studi dalam “The Journal of the American Dental Association” menyebutkan, banyak dokter gigi yang masih belum awas terhadap pencegahan virus HPV di mulut. Umumnya, dokter baru akan memeriksa kemungkinan HPV setelah muncul gejala HPV, seperti benjolan yang tidak sakit dan radang tenggorokan yang tidak berkesudahan. Bahkan, masih banyak dokter yang tidak memberi peringatan akan kanker tenggorokan dan penyebabnya pada pasien. Akan tetapi, ada juga dokter yang sudah mulai memberikan peringatan pada pasien tentang bahaya virus tersebut.

Baca juga: Lebih Baik Mandi Air Panas atau Air Dingin, ya?

Masih Dianggap Tabu

Pertanyaan seputar kehidupan seks oleh dokter selain dokter seksologi masih dianggap tabu oleh kebanyakan orang. Menanyakan pertanyaan tersebut secara gamblang nampaknya terkesan seperti tidak menghargai privasi pasien. Padahal, maksud dari pertanyaan itu sendiri adalah menghindari pasien dari gejala virus HPV. Karena itu, kamu jangan kaget dan tersinggung saat dokter menanyakan hal itu selama cara bertanya benar. Lagipula, dokter akan menjaga privasi pasiennya sesuai dengan isi Sumpah Dokter!

Baca juga: Mau Bikin Gigi Lebih Putih? Cobain Kulit Pisang. Nggak Pakai Mahal

Dilansir dari www.menshealth.com

Segera periksakan dirimu supaya kamu terhindar dari penyakit! Butuh info lainnya? Langsung aja dapetin Video petunjuknya dari aplikasi POPULARNow yang bisa langsung diunduh di Google Playstore dan iOS Store.

 

(Visited 107 times, 1 visits today)