Jangan Langsung Resign! Begini Cara Menghadapi Atasan yang Cerewet dan Menyebalkan..

0
93
menghadapi atasan

Semua karyawan menginginkan atasannya adalah seorang yang baik dan bijaksana. Jangan Langsung Resign! Begini Cara Menghadapi Atasan yang Cerewet dan Menyebalkan..

Anda tentu ingin memiliki atasan yang baik dan mendukung kemajuan karier Anda. Sayangnya, keinginan ini tidak selalu terwujud karena atasan Anda yang sekarang keras dan semena-mena.

Dia tidak mau tahu kesulitan Anda dalam bekerja dan meminta Anda menyelesaikan pekerjaan setiap waktu. Bahkan, terkadang bos Anda itu sering mengeluarkan kata-kata kasar dan menyuruh Anda bekerja di luar jam kerja.

Anda pun jengkel dan tertekan dibuatnya. Daripada jengkel dan tertekan, akan lebih baik kalau Anda melakukan 5 cara berikut dalam menghadapi atasan yang menyebalkan tersebut.

1. Tetap Fokus Pada Pekerjaan

Salah satu tanggung jawab Anda adalah menyelesaikan pekerjaan. Oleh karena itu, lupakan dulu sikap atasan Anda dan berfokuslah pada pekerjaan Anda. Kerjakan sedikit demi sedikit sehingga tanpa terasa pekerjaan tersebut selesai dengan baik. Jika pekerjaan sudah selesai, Anda akan lebih nyaman dalam bersikap.

For Your Info, Ini Cara Cerdas Menghadapi Atasan yang Suka Pilih Kasih!

2. Ikuti Peraturan

Sebenci apa pun Anda terhadap atasan, ikuti aturan tempat Anda bekerja. Sebagai contoh, Anda datang tepat waktu atau tidak melakukan kekerasan psikis/fisik terhadap atasan Anda. Dengan mengikuti aturan, Anda tidak akan memiliki masalah lain karena Anda bekerja secara profesional. Jamak diketahui, karyawan yang sedang memiliki masalah dengan atasan sering tidak mengikuti aturan.

3. Intropeksi Diri

Dengan cara instrospeksi inilah Anda akan lebih tahu tentang permasalahan sebenarnya. Coba periksa prilaku Anda sendiri, evaluasi kembali kinerja Anda dan sejauh mana loyalitas Anda terhadap perusahaan. Apakah Anda telah melakukan sesuatu yang salah? Bisa saja, sikap egois dan bawel atasan Anda hanya akibat dari prilaku Anda yang salah sehingga bos Anda tidak menyukainya.

4. Lakukan Pendekatan

Saat jam makan siang misalnya, jangan sungkan untuk mengajaknya makan bersama atau sekadar cari waktu yang tepat untuk mengobrol topik lain di luar urusan pekerjaan. Setelah itu baru cari celah untuk ngobrolin di mana letak kesalahan Anda, pasti hati atasan sudah mulai melunak.

5 Langkah Bijak Menjadi Atasan yang Disegani Oleh Bawahan!

5. Bikin Daftar

Tips lain untuk menghadapi atasan yang sulit adalah dengan merinci semua perilaku buruknya. Anda mungkin tidak akan pernah menunjukkan daftar ini kepada atasan Anda, namun berlatih melakukan hal ini dapat menjadi sebuah katarsis. Anda dapat melihat secara hitam putih apa yang paling mengganggu Anda. Selain membiarkan Anda melampiaskan perasaan Anda, metode ini juga dapat membantu Anda membayangkan cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk menangkal atau mengatasi perilaku buruk atasan Anda.

 

(Visited 1,561 times, 1 visits today)