Ini Kata Jokowi Soal Negeri Terindah di Dunia, Dimana Ya Kira-kira?

0
1

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunggah video berjudul ‘Indonesia Negeri Terindah’ berdurasi 1 menit di akun Instagram-nya @jokowi, Minggu, 3 Februari 2019. Hal itu merespons hasil jajak pendapat penerbit Rough Guides yang menempatkan negeri ini di peringkat ke-6 dunia sebagai negara terindah.

Hasil jajak pendapat Rough Guides ini semakin mengukuhkan posisi Indonesia sebagai destinasi wisata kelas dunia,” tulis Jokowi.

Video dibuka dengan rekaman gambar Pantai Kelingking di Nusa Penida, Bali, diiringi lagu instrumental yang menenangkan. Birunya air laut kontras dengan pasir putih dan tebing yang ditumbuhi tanaman hijau jadi awal pemandangan.

Gambar kemudian berlanjut dengan suasana Indonesia kala matahari terbit dan berpindah ke rekaman menara Masjid Baiturrahman, Aceh. Berikutnya, ada gambar Pura Luhur Uluwatu yang diambil pada sore hari.

Mendengarkan Musik Saat Berolahraga Selain Menunda Lelah Juga Bikin Semangat Lho..

Menurut Jokowi, banyak hal yang menjadikan Indonesia menarik di mata para warga net. Mulai dari suasana pedesaan, ketenangan pulau-pulau terpencil, hingga puncak gunung yang menjulang, layak jadi alasan Indonesia dinobatkan sebagai negeri terindah.

Tak heran, video itu juga menampilkan gambar suasana pedesaan yang akrab dengan pesawahan hingga pegunungan, salah satunya Gunung Bromo nan ikonik. “Indonesia dianggap sangat menarik karena memiliki 17.508 pulau dari barat ke timur yang memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang luar biasa,” tulis Jokowi.

Unggahan tersebut seketika menarik perhatian netter. Hingga Senin (4/2/2019) siang, video Indonesia Negeri Terindah sudah diputar lebih dari 909 ribu kali dan dikomentari lebih dari 6 ribu comment.

Sebelumnya, Rough Guides yang berpusat di London, Inggris, menyusun daftar 20 negeri terindah di dunia dari hasil jajak pendapat pengguna internet secara global. Posisi Indonesia berada di bawah Afrika Selatan, Italia, Selandia Baru, Kanada, dan Skotlandia.

Indonesia melampaui negara-negara lain di benua Asia seperti India yang berada di peringkat ke-13 dan Vietnam di peringkat 20. Melalui laman www.roughguides.com, penyedia guidebook sejak 1982 itu membuat rekomendasi tentang negeri-negeri indah yang patut dikunjungi.

Dari polling pembacanya, Indonesia dianggap sangat menarik karena memiliki 17.508 pulau yang membentang dari barat ke timur serta memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang luar biasa. Tidak hanya itu, adat istiadat, kuliner, dan lebih dari 500 bahasa daerah juga jadi daya tarik lain bagi Negeri Khatulistiwa.

Meningkatkan Semangat Beraktivitas dan Konsentrasi Ternyata Bisa Dengan Permen

Pesona Bali dan Lombok sebagai daya tarik alam, juga budaya merupakan magnet lain. Bali dikenal karena kuil-kuilnya dan titik selancar kelas dunia, sedangkan Lombok memukau lewat deretan pantai memesona. Di utara ada Kalimantan yang menawarkan kesempatan untuk melihat satwa liar orangutan di habitat aslinya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga mengatakan posisi Indonesia yang dinobatkan Rough Guides sebagai negeri terindah dunia sudah tentu menguatkan aspek 3C (Confidence, Credibility, Calibration) berbagai destinasi wisata di Indonesia, khususnya Bali dan Lombok.

“Penghargaan ini semakin mengukuhkan posisi Indonesia sebagai destinasi wisata kelas dunia. Ini juga memberikan optimisme baru bagi sektor pariwisata di Tanah Air,” ucapnya.

(Visited 97 times, 1 visits today)