Awas, Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ketika Berolahraga yang Bisa Bikin Tubuh Sakit Ini!

0
3
Awas, Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ketika Berolahraga yang Bisa Bikin Tubuh Sakit Ini!

Bukannya menjadi lebih bugar, lima kebiasaan saat berolahraga ini malah bisa membuat kondisi tubuhmu semakin memburuk lho!

 

Sejatinya olahraga akan membuat tubuh menjadi lebih bugar. Akan tetapi, ada berbagai pendapat, saran, dan aturan tidak tertulis dari para ahli. Beberapa informasi sudah kadarluarsa, dan ada pula informasi yang sangat populer hingga menjadi suatu kebiasaan (padahal tidak efektif). Kesalahan ini tidak hanya mengacaukan target berolahragamu, Namun dapat mengakibatkan cedera pada organ tubuh. Apa saja itu?

1. Melupakan Pemanasan

Personal trainer Miriam Fried mengungkapkan bahwa 90 persen dari orang – orang yang berolahraga di pusat kebugaran yang ia temui tidak melakukan pemanasan, sedangkan 10 persennya melakukan gerakan random sebelum berolahraga.

“Rencanakan pemanasan sebelum melakukan aktivitas olahraga apapun, lakukan pemanasan pada bagian tubuh yang akan Anda latih,” ungkap Miriam Fried, menambahkan bahwa lakukan pemanasan selama 5 hingga 10 menit sudah sangat cukup.

2. Melakukan olahraga kardio sebelum latihan kekuatan

Aktivitas ini sudah menjadi kebiasaan berolahraga banyak orang. Berlari di treadmill atau mengayuh sepeda selama 15 menit kemudian mengangkat beban. Sebenarnya, jika Anda ingin membentuk otot, disarankan untuk mengangkat beban terlebih dahulu ketimbang melakukan kardio. Jika Anda ingin melatih kebugaran stamina untuk triathlon atau marathon, tidak masalah jika melakukan kardio terlebih dahulu.

Falling Stars Challenge Kini Jadi Viral Setelah Kiki Challenge

3. Berfokus pada kardio

Olahraga kardio sangat baik untuk kesehatan jantung, akan tetapi hanya melakukan olahraga kardio merampas manfaat dari latihan kekuatan tubuh. Mengangkat beban dapat mengubah bentuk tubuh, juga memperkuat tulang serta sendi.

Miriam Fried mengatakan, kardio tidak akan mengubah bentuk dan penampulan tubuh Anda. Latihan kekuatan tidak hanya membakar kalori, juga mengubah bentuk dan tampilan dari tubuh. Bahkan ketika selesai berolahraga, kalori akan tetap terbakar karena membutuhkan energi untuk membangun kembali otot yang rusak.

4. Posisi olahraga yang salah

Entah karena kurangnya pengarahan yang tepat atau tidak meminta saran saat berolahraga, banyak orang dan termasuk kamu yang berolahraga dengan posisi yang salah. Hal ini bisa membahayakan persendian dan otot yang kemudian bisa meminimalkan efek positif dari olahraga.

Shopping Boyfriends, Tren Pacar Sewaan 

5. Olahraga saat perut kosong

Jar Cardiello, pakar kebugaran dari ISSA and NSCA menyarankan agar kamu tidak melakukan olahraga saat perut sedang kosong. “Sebaiknya sebelum berolahraga, kamu mengonsumsi makanan manis sebab ketika gula darah tubuh merendah saat olahraga, maka tubuh akan mengekstrak glikogen dari jaringan otot.

(Visited 1,114 times, 1 visits today)