Kebiasaan Ini yang Dapat Menganggu Siklus Tidur Anda

0
2
kebiasaan

Ada beberapa kebiasaan yang dapat mengganggu siklus tidur dan membuat pola tidur dalam kegelisahan, yang mungkin Anda tidak menyadari telah melakukannya.

Kualitas tidur itu penting, dan bagian dari kualitas tidur yang baik melibatkan semua tahap tidur. Selama tidur, tubuh dan otak aktif pada tingkat yang berbeda. Pertama, tubuh Anda dimulai dengan transisi dari bangun ke tidur yang ringan, tahap di mana masih mudah untuk kembali bangun. Sampai Anda beralih ke tidur yang lebih dalam, di mana lebih sulit untuk dibangunkan. Perjalanan ini dianggap sebagai siklus tidur. Mengganggu siklus tidur Anda pada tahap tertentu menyebabkan tubuh akan memulai siklus yang baru lagi.

Minum terlalu banyak

Alkohol dan kafein memiliki efek kurang baik pada tidur, sama halnya dengan minum terlalu banyak dalam bentuk apa pun juga dapat berdampak karena konsumsi cairan secara berlebihan di malam hari dapat menyebabkan Anda terbangun untuk menuju kamar mandi.

Tidur dengan hewan peliharaan

Meskipun teman berkaki empat Anda mungkin memberi Anda kenyamanan, tapi hewan peliharaan memiliki pola tidur yang berbeda dengan manusia. Sebagian besar hewan rumahan mengalami beberapa kali waktu tidur dan bangun selama 24 jam, beberapa bahkan aktif di malam hari.

Konsumsi makanan tertentu

Tidur saat lapar bisa membuat Anda terjaga. Tapi, makanan tertentu seperti yang digoreng, berlemak atau pedas juga dapat mengganggu siklus tidur jika Anda memakannya terlalu larut malam karena memicu mulas. Bagi sebagian orang, makanan ini akan membangunkan sebagian besar waktu tidur, dan bisa merusak siklus tidur Anda.

kebiasaan

Olahraga malam hari

Ada dua jenis orang, yaitu mereka yang mendapatkan energi dari olahraga, dan mereka yang santai dalam olahraga. Meskipun olahraga adalah bagian penting dari gaya hidup sehat dan dapat membantu Anda tidur lebih baik di malam hari, tapi berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur akan meningkatkan suhu tubuh seseorang sehingga lebih sulit untuk tertidur. Selain itu, endorfin dan adrenalin dari latihan dapat menghilangkan rasa kantuk dan dapat menunda tidur. Batasi latihan di pagi atau sore hari, dan cobalah untuk berolahraga setidaknya tiga jam sebelum tidur.

Alkohol

Banyak orang menemukan bahwa alkohol bermanfaat, tapi sebenarnya dapat mengacaukan kualitas tidur Anda. Meskipun alkohol menyebabkan relaksasi dan rasa kantuk, sebenarnya itu mengganggu tidur dan membuat Anda bangun lebih awal dari yang Anda inginkan. Pilihan terbaik adalah selalu tidur dengan kandungan alkohol dalam darah nol untuk menghindari gangguan tidur sepanjang malam.

Hal Jorok Tapi Normal yang Terjadi Pada Tubuh Setiap Pagi

Tertidur dengan TV

Banyak orang tertidur dengan televisi menyala atau menggunakan perangkat elektronik tepat sebelum tidur tanpa menyadari betapa berbahayanya kebiasaan ini bagi kesehatan tidur. Cahaya biru yang dipancarkan dari televisi dan perangkat lain dapat membuat lebih sulit untuk merasa mengantuk karena cahaya ini dapat menghentikan produksi melatonin, yaitu hormon tidur yang penting, dan suara dari televisi juga dapat menyebabkan Anda terbangun di sepanjang malam, terutama ketika masih dalam tahap tidur yang ringan.

Tidak memiliki pola tidur yang teratur

Berharap untuk mengejar ketinggalan jam tidur pada hari sebelumnya hanya dapat membuat Anda merasa lelah. Dan ketika tidak bisa tidur, Anda menjadi jengkel. Perubahan kebiasaan tidur yang rutin seperti bangun lebih awal pada hari kerja dan tidur di akhir pekan, dapat menjauhkan Anda pada risiko masalah metabolisme mulai dari diabetes hingga penyakit jantung. Usahakan untuk selalu tidur 30 menit dari waktu tidur normal agar tetap pada jadwal, bahkan jika Anda hanya punya beberapa jam pada malam sebelumnya.

Inilah Makna 5 Posisi Tidur Bersama Pasangan yang Wajib Diketahui…

Obat-obatan dan vitamin yang memberi energi

Vitamin B baik untuk tidur secara umum, tapi tidak untuk di malam hari karena cenderung memberi Anda lebih banyak energi. Hal yang sama berlaku untuk Vitamin D, jadi Anda harus minum keduanya di pagi hari. Obat-obatan tertentu juga dapat memiliki efek stimulasi pada sistem saraf atau menjadi sumber kafein yang licik.

Kebiasaan yang kurang baik dan dilakukan berulang-ulang adalah salah satu gangguan utama pada tidur malam dan dapat merusak kesehatan dan produktivitas seseorang di esok harinya. Untuk memastikan Anda berada dalam pola dan siklus tidur yang baik, hindari kebiasan di atas ini sebelum tidur.

(Visited 179 times, 1 visits today)