Kecanduan Gim Pada Tahun 2022 Resmi Disebut Sebagai Penyakit Oleh WHO

0
2
Kecanduan Gim

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa kecanduan gim akan ditetapkan sebagai salah satu penyakit. Kecanduan Gim Pada Tahun 2022 Resmi Disebut Sebagai Penyakit Oleh WHO

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa kecanduan gim akan ditetapkan sebagai salah satu penyakit gangguan kesehatan mental pada 2022.

Dalam WHO’s International Classification of Diseases (ICD), yang merupakan rujukan tentang penyakit yang bisa didiagnosis, WHO menggambarkan kecanduan gim adalah pola perilaku bermain gim yang terus menerus atau berulang, sehingga lebih diutamakan daripada kepentingan hidup lainnya.

Mengutip NBC News pada Senin (27/5), Shekhar Saxena, pakar WHO tentang kesehatan mental dan penyalahgunaan zat mengatakan bahwa dalam kasus yang terburuk, seorang pemain gim bisa bermain hingga 20 jam sehari. Mereka juga tidak tidur, makan, bekerja, sekolah, atau melakukan hal-hal lainnya.

Serem! Keseringan Main Game Bisa Akibatkan Masalah Mental?

Saxena menambahkan bahwa kasus semacam itu hanya sebagian kecil ditemukan dalam para pemain gim. Namun, mengetahui adanya tanda-tanda secara dini bisa membantu mencegah kecanduan gim menjadi lebih parah.

ICD sendiri terus diperbarui selama 10 tahun terakhir. Setidaknya, ada 55 ribu cedera, penyakit, dan penyebab kematian yang dimasukkan ke dalamnya. Ini menjadi dasar bagi WHO dan para ahli untuk melihat dan merespon sebuah tren kesehatan.

Keputusan tersebut mendapat tanggapan dari beberapa industri gim. Mereka menyatakan bahwa keamanan produknya sudah diakui lebih dari 2 miliar orang di seluruh dunia.

Selain itu, nilai edukasional, terapeutik, dan rekreasi dari sebuah permainan telah diakui secara luas. Mereka juga mendesak agar WHO mempertimbangkan kembali klasifikasi tersebut. Namun, dikutip dari Sky News, pemain besar seperti Microsoft telah mempertimbangkan dampak yang ditimbulkan dari gim.

(Visited 346 times, 1 visits today)