4 Langkah Memenangkan Kembali Kepercayaan Klien

0
1
kehilangan kepercayaan

Dalam berbisnis, kesalahan sekecil apapun tidak dapat ditoleransi. Semua yang telah disepakati sesuai dengan perjanjian yang telah tertulis dan ditanda tangani. Lebih mudah dan murah untuk mempertahankan pelanggan atau klien yang sudah sering menggunakan jasa atau produk yang kamu tawarkan, dan menjadi tugas penting untuk membuat mereka tetap senang dengan apa yang kamu berikan.

Namun, ada berbagai hal yang tidak harapkan terjadi, situasi – situasi tidak terduga muncul dan kamu tidak selalu bisa mengambil alih keadaan dengan baik. Kehilangan kepercayaan dari klien adalah salah satu dari resiko yang harus ditanggung.

Ada cara – cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kembali klien yang telah kehilangan kepercayaan dan beralih pada kompetitormu.

Cari tahu alasannya

Para klien yang memutuskan untuk tidak lagi menggunakan jasa atau produk yang kamu tawarkan pasti punya alasan mereka. Baik itu dari segi harga, kualitas, kuantitas, dan faktor lainnya. Kamu harus mengetahui apa alasan mereka tidak lagi menggunakan jasamu.

Sebuah metode sederhana yang bisa kamu gunakan adalah melakukan analisa SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat) yang mencakup kelemahan, kekuatan, peluang, dan ancaman dari bisnis yang kamu jalankan.

Mengubah harga atau penawaran

Faktor lain dari klien yang berpindah hati adalah harga atau kualitas dari produk atau jasa yang kamu tawarkan tidak cocok dengan mereka. Ada kompetitor yang bisa memberikan harga yang lebih terjangkau, kualitas produk atau jasa yang lebih baik dan sebagainya. Kamu harus melakukan perubahan dan menyesuaikan dengan kebutuhan klienmu.

Akui kesalahanmu

https://ethology.eu/wp-content/uploads/2014/04/Sad-Dog-on-Hardwood-Floor.jpg

Tidak perlu malu untuk mengakui kesalahan. Menjadi jujur pada diri sendiri merupakan cara terbaik untuk menemukan kesalahan dan memperbaiki kualitas diri. Dalam bisnis sekalipun, kesalahan bisa saja timbul karena kebiasaan atau kepribadian seseorang. Sadari dan ambil tindakan untuk berubah.

Bertanggung jawab

kehilangan kepercayaan

https://www.incimages.com/uploaded_files/image/1940×900/handshake-pano_19966.jpg

Jika kesalahan yang kamu lakukan adalah penyebab klien kehilangan kepercayaan padamu, maka kamu harus menanyakan pada mereka apa yang bisa kamu lakukan sebagai bentuk pertanggung jawaban guna membuat mereka bertahan.

Mereka mungkin saja akan tetap memilih untuk tidak lagi menggunakan jasa atau produk yang kamu tawarkan, tapi jika mereka puas dengan apa yang kamu kerjakan untuk terakhir kalinya, kamu masih punya peluang untuk direferensikan pada teman – teman atau rekan bisnis lainnya.

(Visited 2 times, 1 visits today)