Keren! 5 Binatang Laut Ini Hanya Bisa Dijumpai di Lautan Indonesia

0
236
lautan indonesia

Indonesia dikenal sebagai sebuah daerah yang memiliki kekayaan alamnya yang luar biasa besarnya. Keren! 5 Binatang Laut Ini Hanya Bisa Dijumpai di Lautan Indonesia

Alam Indonesia yang begitu besar dan alami menjadi tempat tinggal bagi banyak sekali ragam dan jenis makhluk hidup. Makhluk hidup yang tinggal di Indonesia sendiri secara jenis bayak sekali yang memiliki ke khasannya tersendiri, bahkan hingga beberapa di antaranya merupakan jenis-jenis binatang yang tidak akan anda temukan di tempat lainnya selain dengan Indonesia.

Berikut ini ada 5 jenis binatang laut yang hanya terdapat di lautan Indonesia saja.

1. Penyu Hijau

Salah satu binatang laut yang berasal dari Indonesia adalah penyu hijau. Binatang satu ini merupakan keluarga Cheloniidae. Indonesia sendiri memang dikenal sebagai rumah bagi sekitar 6 jenis penyu dari 7 jenis penyu yang ada di seluruh dunia. Diberi nama penyu hijau karena memang bagian tubuh bagian bawahnya memiliki warna hijau terang yang begitu unik dan indah.

Yuk, Intip Pesona Wisata Tanjung Puting Si Icon Internasional….

2. Banggai Cardinal Fish

Dengan ukuran tubuh yang hanya 8 cm, binatang laut satu ini justru memiliki keunikan dalam bentuk tubuhnya. Keunikan tubuh dari Bangai Cardinal Fish inilah yang kemudian menjadi daya tariknya yang membuat dirinya banyak diinginkan menjadi ikan hias. Dengan corak hitam lurus di bagian tubuh dan bintik mutiara di bagian ekornya yang bercabang. Ikan yang satu ini mampu menarik minat banyak orang untuk kemudian mengoleksinya. Namun karena itu justru di habitat aslinya, yakni provinsi Banggai, sulawesi,ikan yang satu ini semakin mendekati kepunahan.

3. Hiu Berjalan

lautan indonesia

Dikenal dengan nama Hemiscyllium halmahera, ikan hiu bambu ini pertama kali ditemukan di sekitaran perairan Halmahera. Secara bentuk, ikan yang memiliki keunikan tersendiri, yakni mampu berjalan di atas pasir dengan siripnya tersebut bisa dikatakan cukup mirip dengan kerabatnya, yaitu Hemiscyullium galei yang ditemukan di sekitaran Papua Barat, tepatnya di Teluk Cendrawasih.

4. Ikan Raja Laut

Ikan raja laut merupakan salah satu ikan purba yang bernama Coelacanth. Menurut informasi, ikan jenis Coelacanth ini sudah punah bakan sejak 65 juta tahun yang lalu, namun ternyata beberapa waktu ke belakang, ditemukan kembali jenis baru dari Coelacanth ini di sekitaran perairan Manado tua dan beberapa jenis lagi di beberapa perairan di Afrika. Untuk jenis khusus yang berada di Indonesia, orang-orang mengenalnya dengan sebuatn ikan raja laut.

Tersesat Di Raja Ampat! 5 Spot Ini Wajib Disinggahi Di Raja Ampat!

5. Mimik Octopus

Dari sekian banyak gurita di seluruh dunia, ternyata Indonesia memiliki salah satu jenis gurita pintar yang dikenal dengan nama Mimik Octopus atau gurita penyamar. Gurita yang satu ini dikenal memiliki kemampuan hebat untuk berkamuflase dan bersembunyi di lautan untuk menghindarai musuhnya. Selain itu keunikan lain dari mimik octopus adalah karena binatang ini mampu meniru karakter dari bebrapa jenis hewan laut lainya, contohnya seperti kuda laut atau ular laut dan lainnya.

(Visited 547 times, 1 visits today)