Leher Terasa Sakit Akibat Salah Bantal? Ini Tips Mengatasinya…

0
0
salah bantal

Orang-orang biasa menyebut kondisi ini “salah bantal” atau tengeng. POPle pernah ngerasain juga kan? Leher Terasa Sakit Akibat Salah Bantal? Ini Tips Mengatasinya…

Orang-orang biasa menyebut kondisi ini “salah bantal” atau tengeng. Dalam bahasa medis, kondisi ini dikenal dengan nama tortikolis.

Tortikolis dapat terjadi saat melahirkan, trauma atau benturan, dan posisi tidur yang buruk. Tortikolis ini terjadi karena adanya gangguan kontraksi pada otot-otot leher. Untuk mengatasi rasa sakit di leher karena salah bantal, coba tujuh tips berikut.

1. Dipijat

Mintalah bantuan orang lain untuk memijat bagian bahu dan leher dengan lembut untuk menghilangkan rasa nyeri karena otot yang tegang tersebut. Pijatan yang dilakukan harus lembut.

Hanya 8 Menit Saja Lakukan Olahraga Ini Bisa Turunkan Berat Badan 5 Kilogram Lho!

2. Peregangan Otot

Cara melakukan peregangan otot adalah dengan melakukan gerakan ke arah berlawanan. Hal ini dilakukan agar otot yang memendek dapat tertarik kembali ke fungsi memanjang saat relaksasi. Tapi ingat, peregangan harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak terjadi kerusakan otot.

3. Istirahatkan Otot yang Terasa Nyeri

Cara ketiga adalah dengan mengurangi gerakan pada otot yang tegang tersebut untuk mengistirahatkan otot sehingga proses pemulihan menjadi lebih cepat.

4. Latihan Gerak

Setelah otot diberikan istirahat beberapa waktu, lanjutkan dengan melatih gerakan-gerakan ringat pada leher untuk menghindari kekakuan pada leher.

5. Jangan Memutar Kepala dan Membunyikan Leher

Beberapa orang memiliki kebiasaan untuk membunyikan leher atau memutar kepala. Kebiasaan ini harus dihentikan karena akan menimbulkan cedera pada otot serta saraf di leher.

Jangan Remehkan Sakit Kepala yang Sedang Melanda… atau Akan Berakibat Seperti Ini!!!

6. Dikompres

Cara keenam adalah dengan mengompres leher yang terasa nyeri. Walaupun sampai sekarang masih cukup banyak perdebatan tentang pemilihan cara kompres, yaitu antara kompres dingin atau hangat, cara ini menjadi salah satu yang sering digunakan karena mampu merelaksasi otot leher yang tegang serta memberikan rasa nyaman.

7. Pilih dan Gunakan Bantal Tidur yang Tepat

Selain upaya penanggulangan rasa sakit pada leher, kalian tentu harus menggunakan bantal yang tepat untuk tidur. Gunakanlah bantal yang mengganjal kepalamu secukupnya, tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu rendah.

(Visited 418 times, 1 visits today)