Lesu dan Lemas Saat Puasa? Mau Tau Bagaimana Cara Mengatasinya?

0
1
saat puasa

Berpuasa bukan berarti Anda harus beraktivitas dengan lemas dan lesu. Lesu dan Lemas Saat Puasa? Mau Tau Bagaimana Cara Mengatasinya?

Jika Anda saja merasa lemas saat puasa, apakah Anda pernah berpikir bagaimana para atlet sepakbola seperti Mesut Özil, Paul Pogba, Emre Can, Samir Nasri menjalankan puasa? Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa atlet tetap bisa berlatih seperti biasa pada saat berpuasa.

Kuncinya adalah persiapan yang baik, mulai dari niat sampai asupan nutrisi. Untuk Anda yang tidak berlarian di lapangan sepakbola, harusnya lebih bisa bersemangat dari mereka.

Lemas saat puasa dikatakan hanya terjadi pada fase awal puasa, yakni 3-4 hari pertama. setelah 3-4 hari tubuh akan beradaptasi sehingga tak akan lagi merasa lemas dan lesu. Tidak ada masalah orang yang berpuasa melakukan kegiatan seperti biasa. Harusnya tidak terjadi kurang fokus atau konsentrasi kalau seseorang sahur dan buka puasa dengan tepat dan gizi yang seimbang.

Happy Fasting POPle… Yuk Jaga Semangat Meski Banyak Aktivitasnya!

Jika Anda merasa lemas saat puasa, mungkin ada yang salah dengan pola hidup atau pola makan Anda saat berbuka puasa dan sahur.

1. Pastikan Anda terhidrasi dengan baik

Dehidrasi saat berpuasa kemungkinan besar menjadi penyebab Anda merasa lemas. Pastikan pada saat berbuka puasa dan sahur, Anda mencukupi kebutuhan minum Anda. Anda bisa mencoba pola 2-4-2, dua gelas saat berbuka puasa, empat gelas sepanjang malam, dan dua gelas saat sahur. Tidak hanya air putih, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan atau yogurt untuk menambah asupan cairan.

2. Perhatikan makanan saat berbuka puasa dan sahur

Semua makanan memang terlihat mengenyangkan pada saat berbuka puasa, tapi tidak semuanya mendatangkan nutrisi bagi tubuh. Makanan berbahan dasar tepung dan yang mengandung kadar gula tinggi bisa membuat Anda cepat lelah. Jadi usahakan hindari makanan seperti ini. Konsumsi makanan segar seperti sayur-sayuran dan buah-buahan secara teratur.

3. Lakukan olahraga yang Anda sukai

Beraktivitas normal saja sudah melelahkan. Apalagi berolahraga saat puasa? Namun percayalah bahwa berolahraga teratur akan membuat Anda lebih bertenaga saat beraktivitas panjang. Bahkan untuk sebagian orang, berolahraga bahkan mampu meningkatkan kualitas tidur mereka. Berolahraga dua setengah jam dalam sepekan adalah durasi yang dianjurkan untuk menjaga kebugaran tubuh.

Wah, 6 Manfaat Ajaib Tidur Pas Puasa, Salah Satunya Selamatkan Hidup!

4. Jam tidur tetap

Cukup istirahat adalah kunci untuk terus berenergi saat beraktivitas sepanjang hari.  Cobalah untuk bangun dan tidur di jam yang sama tiap hari, sehingga tubuh memiliki jam biologis yang terjadwal. Buatlah jadwal yang sesuai dengan kebutuhan sahur di bulan Ramadhan. Memasang alarm dapat membantu Anda bangun tepat waktu.

 

(Visited 120 times, 1 visits today)