Meski Cuma Sebentar, Inilah 5 Manfaat Tak Terduga Dari Tidur Siang!

0
3
Meski Cuma Sebentar, Inilah 5 Manfaat Tak Terduga Dari Tidur Siang!

Beberapa di antara kita kadang meremehkan rutinitas tidur siang tiap harinya. Untuk itulah, ada baiknya, kamu mengetahui berbagai manfaat tidur siang yang mungkin kamu tidak duga!

 

Sebuah penelitian baru-baru ini telah menemukan fakta menarik tentang manfaat tidur siang yang dapat memengaruhi aktivitas manusia sehari-hari, tapi perlu dicatat hal ini tidak berlaku bila tidurnya sepanjang siang hari. Dan kini beberapa perusahaan sudah memiliki peraturan untuk memperbolehkan karyawannya tidur siang, bahkan ada juga yang memiliki ruangan khusus yang nyaman untuk tidur siang. Lalu apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan dari tidur di siang hari seperti dilansir dari Livestrong?

1. Tingkatkan Daya Ingat

Penelitian terbaru menemukan bahwa tidur siang dapat membantu meningkatkan memori alias daya ingat. Bukan hanya itu, tidur siang juga dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas. Sebuah tim neuropsikolog Jerman menemukan bahwa tidur siang setelah belajar dapat membantu meningkatkan daya ingat manusia sebanyak lima kali lipat dibandingkan dengan yang tidak!

2. Membuat Sehat jantung

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan orang Yunani, ditemukan bahwa orang yang setidaknya tidur siang selama 30 menit selama 3 kali dalam waktu seminggu mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 37 persen. Berdasarkan penelitian tersebut, tidur siang yang sehat yaitu antara pukul 1 – 3 siang selama tak lebih dari 45 menit.

Ada Fakta Unik Tentang Pikiran Pria dengan Wanita. Penasaran?

3. Menghilangkan stres

Tidur siang bisa menenangkan saraf otak. Orang yang tidur siang akan memiliki tingkat sekresi hormon yang disebut norepinephrine. Kenaikan kadar hormon ini dapat menyebabkan meningkatnya tekanan darah dan denyut jantung. Jika kamu tidur siang maka hormon ini bisa stabil dan membuat kamu jadi lebih tenang.

4. Meningkatkan Performa Fisik

Tidur siang akan membuat kamu merasa lebih baik dan juga merasa lebih aktif tentu saja jika kamu melakukan tidur siang dengan waktu yang sebentar. Bukan tidur siang dengan waktu yang panjang. Sebuah studi menemukan hubungan bahwa orang yang melakukan tidur siang akan memiliki kemampuan atletik yang baik.

Ini Alasan Kenapa Karyawan Terbaik Pada Mengundurkan Diri!

5. Mencegah Insomnia

Tidur siang ternyata mampu mengobati insomnia atau gejala susah tidur. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 menegaskan bahwa tidur siang akan membuat penderita insomnia jadi lebih bugar. Ini dikarenakan total waktu istirahatnya jadi lebih panjang.

 

Nah, udah tahu kan manfaatnya POPle, siap tidur nanti siang? Nah, masih mau tahu lebih banyak lagi tentang tips kesehatan lainnya? download aja aplikasi POPULAR NOW yang tersedia di Google Playstore dan iOS Store atau bisa langsung unduh disini!

(Visited 13 times, 1 visits today)