Memakan Buah Sebelum Atau Sesudah Makan? Ini Waktu Terbaiknya

0
6
waktu

Buah-buahan jelas merupakan makanan sehat, dan juga bagian penting dari hidup sehat. Namun, ada baiknya memastikan asupannya pada waktu yang tepat.

Sebagian besar ahli kesehatan mengklaim bahwa makan buah dan sayur segar penting untuk diet yang sehat. Buah adalah sumber vitamin esensial, mineral, serat dan antioksidan yang memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan dan membantu tubuh memerangi penyakit. Buah-buahan juga kaya serat yang telah terbukti membantu dalam menjaga berat badan.

Terlepas dari semua manfaat ini, waktu yang ideal untuk makan buah-buahan telah menjadi sumber perdebatan. Salah satu mitos yang populer belakangan ini bahwa Anda harus makan buah-buahan dengan perut kosong agar tubuh dapat memanfaatkan nutrisi yang dikandungnya secara tepat. Jika tidak, buah-buahan menyebabkan pencernaan Anda melambat. Akibatnya, fermentasi makanan diperut menyebabkan kembung. Tapi ini tidak benar.

waktu

Sementara tidak ada bukti ilmiah untuk mendukung klaim bahwa makan buah sebelum atau sesudah makan lebih sehat, tapi ada cukup bukti untuk menunjukkan bahwa makan buah sebelum makan sangat membantu dalam penurunan berat badan. Alasannya adalah ketika Anda makan buah sebelum makan dapat menghilangkan rasa lapar karena serat yang terkandung di dalamnya sehingga mengurangi jumlah makanan yang biasanya Anda konsumsi. Akibatnya, Anda makan kalori lebih sedikit dan seiring waktu akan membantu Anda menurunkan berat badan.

Ada Rempah-rempah Ini di Dapur? Coba Manfaatkan Segera!

Penting untuk menjadikan buah-buahan sebagai bagian dari diet harian Anda, di dalamnya mengandung nutrisi penting untuk pertumbuhan dan fungsi tubuh. Buah dan sayuran harus terisi setidaknya setengah dari piring Anda saat sedang makan. Sementara sayuran diyakini bisa dikonsumsi kapan saja, konon buah-buahan harus pada waktu tertentu, mengingat jumlah gula yang dikandungnya memang cukup berlebih.

Anda harus menghindari memakan buah setelah makan, karena bukanlah ide yang bagus. Nutrisi mungkin tidak akan terserap dengan baik oleh tubuh. Anda harus memberikan jarak setidaknya 30 menit antara waktu makan dan camilan buah. Anda pun juga perlu menghindari makan buah tepat di malam hari menjelang waktu tidur karena gula yang ada dalam buah-buahan menyebabkan lonjakan energi yang membuat Anda tetap terjaga. Maka pastikan Anda makan buah setidaknya dua hingga tiga jam sebelum tidur.

Wow… 5 Manfaat Untuk Kesehatan Ini, Bisa Didapatkan dari Buah Durian!

Jadi kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsinya? Idealnya, buah-buahan harus dimakan pada pagi hari setelah segelas air. Kemudian, makan beberapa potong buah setidaknya setengah jam sebelum makan siang karena dapat membantu mengendalikan makan Anda agar tidak berlebihan. Selain itu, makan buah sebelum makan meningkatkan asupan serat karena sebagian besar buah memang mengandung serat. Jadi ketika makan serat, Anda cenderung merasa kenyang lebih lama.

(Visited 276 times, 1 visits today)