Rambut Mulai Botak? Cegah Dengan Hal Ini POPle!

0
4
mencegah kebotakan

Ketika seorang pria mengalami kebotakan, ada dua hal yang ikut rontok. Rambutnya dan rasa percaya diri. 62 persen dari laki – laki yang mengalami kebotakan di Spanyol mengatakan bahwa kehilangan rambut mereka dapat menurunkan bahkan menghancurkan rasa penghargaan terhadap diri sendiri. Rambut tebal selalu dikaitkan dengan awet muda dan maskulinitas, tutur Albert Mannes, Ph.D., seorang peneliti dari universitas Pennsylvania yang mempelajari tentang persepsi dari kebotakan. Kebotakan adalah salah satu tanda penuaan diri.

Kebotakan bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Dua per tiga dari laki – laki mulai mengalami kerontokan rambut di usia ke 35, yang disalahkan adalah faktor genetik. Kebotakan dari pria siebabkan oleh keturunan, memang betul.

Tetapi kamu tidak perlu khawatir akan rambut yang perlahan rontok dan membotak. Jika rambut mulai botak, ini strategi ampuh yang bisa mencegah kebotakan:

Olahraga dan meditasi

kebotakan pada pria cenderung disebabkan oleh pikiran dan stres. Mengapa stres bisa menyebabkan kebotakan? Stres mempercepat produksi dan distribusi dari hormon cortisol dan hormon – hormon lainnya mengalami fluktuasi.

Jika kamu semakin tertekan karena kebotakan, hal ini malah akan mempercepat proses pembotakan. Kontrol stres dengan cara tradisional seperti meditasi, atau kamu bisa mencoba yang lebih modern dan kekinian, Yoga atau tai chi.

Berolahraga juga akan berdampak baik untuk menurunkan tingkat stres. Dengan berolahraga, hormon serotonin akan terpacu. Hormon serotonin adalah hormon yang dikeluarkan ketika kamu merasa bahagia. Semakin bahagia, semakin berkurang stres, dan bisa mencegah kebotakan yang berarti kamu bahagia berkali – kali lipat.

Minoxidil

Minoxidil mungkin tidak akan menumbuhkan kembali apa yang telah hilang (baca: rambut), tetapi minoxidil akan menjaga rambut yang kamu miliki saat ini dan sedikit membantu penumbuhan rambut. Zat ini membantu jantung untuk memacu darah dan oksigen ke follicle yang merupakan akar pertumbuhan rambut.

 

Vitamin D

Sebuah jurnal tentang Dermatologi menemukan bahwa orang – orang yang memiliki kelainan pada sistem imunitas menjadi penyebab dari rambut rontok. Kekurangan vitamin D tiga kali mempercepat kebotakan. Mengonsumsi vitamin D akan memperbaiki fase pertumbuhan rambut, ujar Dr. Piliang.

 

(Visited 53 times, 1 visits today)