Awas, 5 Mitos yang Katanya Bisa Atasi Mabuk Alkohol Ini Salah Kaprah!

0
4
Awas, 5 Mitos yang Katanya Bisa Atasi Mabuk Alkohol Ini Salah Kaprah!

Apakah kamu pernah mendengar berbagai mitos untuk mengatasi mabuk di pagi hari setelah terlalu banyak minum alkohol semalam? Namun, patut hati-hati karena ada beberapa mitos pereda mabuk yang telah terbukti salah kaprah!

 

Bangun tidur setelah menegak alkohol terlalu banyak sebelumnya memang menimbulkan rasa sakit yang tidak enak, seperti sakit kepala, pandangan berputar, pusing, mual, jantung berdetak kencang, hingga rasa mabuk berat di pagi harinya. Ini adalah bayaran atas kebiasaan tidak sehat kamu mengonsumsi alkohol.

Namun, tak usah khawatir karena ada banyak cara mengatasi mabuk dalam artian mempercepat sadar kembali. Tapi kamu harus hati-hati karena ada beberapa cara untuk mengatasi efek mabuk yang salah. Seperti berikut ini..

1. Konsumsi Obat Penghilang Rasa Sakit

Idenya: Obat penghilang rasa sakit sebelum tidur dapat membantu mengurangi sakit kepala.

Kebenarannya: Lama-kelamaan alkohol bisa berubah menjadi enzim di dalam tubuh bahkan setelah berhari-hari,” jelas Murray. Enzim dapat berbahaya jika berinteraksi dengan parasetamol, jadi cobalah aspirin yang lebih ramah untuk atasi mabuk.

2. Sarapan Makanan Berminyak

Idenya: Sosis goreng, telur goreng dan kentang goreng akan membantu menyerap alkohol yang tersisa.

Efek alkohol tentu akan berkurang ketika kamu bangun, justru memakan makanan berminyak hanya akan membuatmu mulas. Namun, memang lebih baik sarapan dari pada tidak sama sekali. Murray menambahkan, “Dengan menenggak alkohol, saluran pencernaan sudah pasti terganggu.” Jadi, sarapan dengan memakan makanan yang sehat akan baik, karena tubuhmu dapat energi untuk memerangi rasa sakit. Cobalah jus atau telur rebus, saran Murray.

Ssst, Ini 5 Rahasia Sukses Menggaet Wanita Melalui Medsos Menurut Penelitian!

3. Kopi

Idenya: Sarapan membuat Anda mual, baik mabuk atau pun tidak. Dan kopi merupakan ramuan ajaib untuk memperbaiki energi.

Kebenarannya: “Mabuk menyebabkan gangguan kognitif yang mengganggu kemampuan Anda dalam melakukan sesuatu,” jelas Murray. Efek kopi itu bisa meningkatkan kewaspadaan dan diuretik (naiknya laju urinasi) serta mabuk pasti membuat Anda dehidrasi. Maka dari itu beberapa gelas air lebih bagus sebelum menyentuh secangkir kopi.

4. Makan Sebelum Tidur

Idenya: Makanan sebelum tidur akan menyerap alkohol dan mengurangi rasa sakit esokan harinya.

Kebenarannya: “Makan setelah Anda mabuk tidak akan membantu menyerap atau memetabolisme alkohol,” kata Murray. Yang Ada malah makanan tersebut akan memperlambat tingkat dimana tubuh menyerap alkohol dan memperlambat melepaskannya ke dalam aliran darah.

Minum Segelas Teh di Siang Hari Menambah Daya Kreatif?

5. Tidur sepanjang hari untuk Atasi Mabuk?

Idenya: Jika Anda terlalu mual dan sensitif untuk menghadapi siang hari. Bersembunyi di kamar akan mengurangi gejala sementara waktu untuk menetralkan racun pada tubuh.

Kebenaran: Murray menjelaskan, “Kelelahan, sakit kepala, cepat marah. Ini semua gejala mabuk, tetapi juga termasuk gejala dari kurang tidur” Alih-alih ingin stirahat, mencoba untuk mendapat 2 jam tidur tambahan, sehingga Anda dapat mengontrol sisa istirahat malam lalu. Kemudian bangun dan bergerak dan Anda akan merasa sangat baik, katanya.

(Visited 128 times, 1 visits today)