Motor Chopper: Motor Modifikasi Ekstrem yang Banyak Diminati!

0
28
motor chopper

Pengguna sekaligus penikmat sepeda motor kustom saat ini terus menjamur. Termasuk Presiden Jokowi. Motor Chopper: Motor Modifikasi Ekstrem yang Banyak Diminati!

Berbagai aliran modifikasi kini sudah banyak dijumpai, mulai modifikasi sederhana hingga ke tingkat yang paling ekstrem. Nah, salah satu modifikasi ekstrem yang cukup banyak menarik perhatian pencinta otomotif adalah model chopper.

Sejarah Chopper

Istilah chooper pertama kali bergaung pada akhir tahun 1960-an di Amerika Serikat, imbas demam film Easy Riders yang menampilkan dua motor Harley Davidson tipe Pan Head yang dimodifikasi chopper. Namun sebenarnya, jauh sebelum film itu beredar, para mantan pilot pesawat tempur US Air Force telah mengangkangi motor-motor Harley Davidson secara ekstrem.

Big Bike? Bukan, Ini Motor Terbesar yang Pernah Ada di Dunia!

Beberapa modifikasi yang kerap dilakukan saat itu adalah mengubah desain tangki, spatbor, jok, hingga memotong rangka sasis. Aksi memotong rangka sasis ini kemudian terkenal dengan sebutan chooper, yang berasal dari kata dalam bahasa Inggris, chop. Istilah chopper lalu disebarluaskan pertama kali oleh gerombolan sepeda motor beraliran out law yang bernama Hell Angels, yang beranggotakan mantan penerbang US Air Force.

Modifikasi chopper secara umum bisa dikenali dari bentuk sudut kemudi yang agak menjulur ke depan, desain tangki bahan bakar yang minimalis, penggunaan roda belakang yang berukuran lebih besar dibanding roda depan, suspensi belakang rigid, jok bertema single seater, hingga desain rangka belakang yang merapat. Selain itu, performa mesin juga ditingkatkan, footrest yang ditempatkan di bagian sangat depan, serta penggunaan lampu depan berukuran besar.

Invasi Chopper

Selain di Amerika, wabah chopper juga menyebar ke seluruh penjuru dunia. Termasuk di Inodnesia. Bahkan, orang nomor satu Indonesia, yakni Presiden Jokowi pun tertarik dan kabarnya telah membeli satu unit motor Royal Enfield Bullet 350cc bergaya chopper yang merupakan hasil modifikasi Chopperland dari bengkel ‘Elders Garage’.

Duh, Apa Bener Nih Kualitas Sperma Buruk Mengintai Para Pengendara Motor atawa Biker?

Bukan untuk gaya-gayaan. Alasan Presiden Jokowi membeli motor tersebut sebagai upayanya untuk menyampaikan pesan bagaimana pentingnya inovasi dan kreativitas dalam melakukan sesuatu. Selain itu, Presiden Jokowi juga ingin mendorong agar produk-produk lokal memiliki brand value yang lebih baik.

Untuk diketahui, Presiden pertama kali melihat motor tersebut saat perayaan Sumpah Pemuda, pada 28 Oktober 2017 silam.

Wah, asyik juga yah selera Pak Presiden kita yang satu ini yah POPle. Nah, nggak kalah asyiknya nih, aplikasi POPULAR Now yang super keren itu bisa kalian unduh di Google Playstore maupun iOS Store lho, pastinya nggak kalah keren sama motor Chopper nya Pa Presiden Jokowi deh!

(Visited 183 times, 1 visits today)