Gebet 10 Film-Film Aroma Perancis Ini!

0
24

Masih dalam rangka mengenang Paris sebagai kota cinta-penuh damai, pita seluloid yang sekarang berubah jadi ‘pita’ digital pun sempat jadi saksi rekam semua film yang mengambil suasana Paris sesungguhnya.

So, jika punya cita-cita ingin bermesraan di Paris, entah itu berbulan madu kesana atau sekadar jalan-jalan, lupakan sejenak karena akses ke sana jelas penuh dengan pengawasan ekstra ketat sekarang ini.

Kosongkan waktu Anda dan pasangan, tonton film-film aroma Perancis berikut ini.

 

10

RATATOUILLE

(Brad Bird, Jan Pinkava, 2007)

Jangan remehkan film animasi ini karena plot-nya ‘dewasa’ dan seputar dunia masak yang akrab dengan kaum pria se-maskulin apapun. Remy, si tikus jago masak, memang jadi format satir tersendiri yang brilyan! Sederet menu khas Perancis dan suasana city of lights dari Paris jadi latar yang menenangkan. Tertawalah setelah stres seharian di kantor.

 

9

BEFORE SUNSET

(Richard Linklater, 1994)

Bergulirnya dua tokoh pria-wanita asing yang tak melulu bermuara pada seks, berhasil muncul dengan apik dalam film ini. Alhasil, romansa keduanya (yang diperankan Ethan Hawke dan Julie Deply) tak terasa murahan. Obrolan keduanya jadi obat bius mata dan kepala di sepanjang film.

 

8

THE PINK PANTHER

(Blake Edwards, 1963)

Jika tahu Pink Panther versi Steve Martin dan Beyonce, nah, ini versi orisinilnya. Set di Perancis memang jadi andalan sesuai plot cerita. Suasana Paris pun kental disini dengan mantapnya.

 

7

LAST TANGO IN PARIS

(Bernardo Bertolucci, 1972)

Lukisan karya Francis Bacon di kredit pembuka jadi petunjuk kalau suasana indah Paris direkam dengan plot sensualitas yang misterius sekaligus kelam. Mencetak kontroversi karena adegan-adegan panasnya yang begitu to the point tapi jadi terlihat nyeni.

 

Ingin makan malam dengan suasana khas Perancis bareng si dia? Coba Nuansa Perancis di Oh La La Kota Kasablanka ini

 

6

FRANTIC

(Roman Polanski, 1988)

Gara-gara tertukar koper Dr Walker menemui masalah hebat: istrinya hilang! Polanski berhasil membesut film ini dengan taste yang artistik padahal plot-nya ngepop. Harison Ford pun mantap sebagai Dr Walker.

 

5

BLUE (Three Colours)

(Krzysztof Kieslowski)

Aktris Perancis cantik di era ’90-an, Juliette Binoche, berhasil memerankan istri yang gagal bunuh diri setelah suami dan putrinya meninggal dalam kecelakaan. Ia meninggalkan suasana pedesaan dan tinggal di sebuah apartemen di Paris. Film ini adalah salah satu dari trilogi dari Kieslowski yang terdiri dari White dan Red.

 

4

AMELIE

(Jean-Pierre Jeunet, 2001)

Gelaran plot yang komikal tapi tak cheesy berhasil dibesut Jeunet via kisah cinta dan kehidupan Amelie. Audrey Tautou pun berhasil memerankan Amelie dan akan selalu dikenang akan perannya disini.

 

3

IRREVERSIBLE

(Gaspar Noe, 2002)

Film panas ini mempertemukan akting menawan dari Monica Belucci dan Vincent Cassel. Berputar misteri yang menyelimuti mengacu pada peristiwa perkosaan yang terjadi. Adegan perkosaan dan kekerasan dalam film ini sangat unwatchable. Setidaknya itu penilaian kritikus sohor, Robert Ebert.

 

2

TAXI

(Gerard Pires, 1998)

Siapa bilang Perancis tak punya film aksi-komedi yang dahsyat? Film yang diproduseri Luc Besson yang punya segudang materi cerita ini berhasil laris bukan main karena plot-nya tentang taksi yang kebut-kebutan melawan mafia di Marseille.

 

1

PARIS JE T’AIME

(Various, 2007)

Film ini bisa bikin orgasme semua mata yang menontonnya. Tak kurang dari 20 sutradara berkumpul dan jadilah 18 film pendek jadi satu dalam film ini. Mau kisah yang mana? Semua ada dan semua bermuara pada cinta dan Paris.

 

Sebenarnya masih ada film-film lain yang nyawa Perancis, dari animasi Ratatouille, Moulin Rouge, Hugo, Taken atau Amour yang tragis. Semuanya muncul sebagai pengingat kalau Paris itu indah.

(Visited 8,979 times, 1 visits today)