Saat Avengers Jadi Versi Indonesia

0
11

Percaya atau tidak, negeri ini pun punya superhero sendiri. Sayangnya, mereka tak rutin muncul hingga kini karena gempuran superhero-superhero luar termasuk sederet hero manga atau anime dari Jepang.

Siapa saja superhero Indonesia?

Sebenarnya banyak. Jika mau menyebutkan satu persatu, ada Gundala (yang pernah dibuat filmnya di era ’80-an), lalu Godam, Nusantara, Garuda Putih dan yang kerap muncul diparuh ’90-an: Saras 008 dan Manusia Milenium.

Yang seksi pun juga ada. Seperti Zuhara, Santini, Virgo, Tira, Gina, Sriti, Putri Bintang dan Sri Dewi. Ingin lebih ‘antik’ lagi: Sri Asih.

Tapi jika sederet karakter superhero tersebut diciptakan dengan masih mengacu ke superhero-superhero luar, sebenarnya sosok hero Indonesia paling orisinil adalah para pendekar! Sebut saja Si Buta dari Gua Hantu, Jaka Sembung, Jaka Tingkir, dan Carok! Oh ya, masih ada Si Pitung dan Panji Tengkorak.

Apa saja kekuatan super mereka? Berikut beberapa diantaranya.

 

Gundala

Sosok superhero ini muncul pada 1969 dengan kekuatan super menguasai petir. Gara-garanya alter-ego Gundala, Sancaka, menemukan serum anti-petir. Saat disambar petir, Sancaka ditarik kekuatan planet asing dan diangkat anak oleh Raja Kerajaan Petir, Kaisar Kronz. Ia pun dianugerahi kekuatan petir di telapak tangannya.

 

Godam

Muncul pertama kali pada 1969 via komik ciptaan Wid NS, Memburu Doktor Setan. Mirip Gundala yang terinspirasi superhero Amerika, tapi plotnya sangat Indonesia, apalagi mengambil setting cerita di Yogyakarta. Godam berasal dari negeri Godam dan putra dari sepasang suami-istri yang dianggap memberontak. Ia sakti karena kostumnya dan kain bendera yang bikin dirinya bisa terbang.

 

Aquanus

Ia lahir lebih awal dari Godam dan Gundala di tahun 1968. Meski tetap terpengaruh superhero komik Amerika. Aquanus adalah Dhanus, putra angkat Raja Sving yang diungsikan keluar planetnya dan jatuh ke dalam laut di Bumi. Ditemukan keluarga pemburu ikan paus, Dhanus dipelihara keluarga tersebut. Ia mendapat sabuk sinar pelangi yang membuatnya bisa berubah jadi Aquanus!

 

Maza

 

Kemunculannya di tahun 1968 membuat negeri ini jadi berwarna. Maklum saja, superhero satu ini eksis setelah seorang manusia biasa, Kanigara, bermimpi kalau dirinya adalah seorang Maza. Maza adalah makhluk kekar menyerupai sosok antagonis. Dalam mimpi itu juga Kanigara melawan berbagai penyihir dan monster dengan segala intriknya. Begitu terbangun, mimpi Kanigara jadi kenyataan.

 

Tira

Salah satu superhero Indonesia yang seksi. Nama aslinya, Susie, muncul pertamakali berbarengan Godam, Gundala, Maza, Aquanus, Kalong, Merpati dan lain-lain. Kekuatan supernya selain bisa silat dan bisa memanggil roh sembilan naga dengan meditasi singkat. Duh, andai saja Tira dibikinkan filmnya!

 

Putri Bintang

Pertama kali muncul dalam komik Putri Bintang pada 1954 (Melodie Publishing). Nama aslinya Yati Suryanegara yang punya tunangan bernama Dr. Sugio Mulyono alias superhero Garuda Putih. Musuh-musuhnya termasuk hebat, seperti Mr. Setan, Badut El Maut dan Jenidroit. Kehebatan Putri Bintang hanya berbekal jago berantem saja.

Mana yang lebih oke jika disimak di layar lebar?

 

 

berbagai sumber 

(Visited 641 times, 1 visits today)