Buset, Ini Ternyata 10 Videoklip Musik Termahal di Dunia!

0
6

Siapa sangka kalau videoklip yang menyajikan gelaran musik dengan adegan-adegan pendek dan durasi kurang dari 5 menit ternyata ada yang muahal?

 

Videoklip kelihatannya simpel, hanya selintas lalu saja. Padahal ‘selintas lalu’nya ini terbilang penting karena dalam durasi pendek videoklip harus bisa menyampaikan isi dan makna dari lagu atau malah bikin lagunya cuma enak didengar saja tanpa ada hubungannya dengan konsep videoklipnya sendiri.

Ah, pastinya semua orang terstimulasi dengan videoklip. Maklum gambar atau visual adalah cara paling ampuh membuat orang menyimak baik-baik.

Untuk itu, sampai ada videoklip yang dibikin hingga jutaan dolar!

Berikut sederet videoklip berbujet muahal – menurut Finances Online:

 

#10  What’s It Gonna Be?

Busta Rhymes ft. Janet

Bujet: 2,4 juta dolar

Untuk klip ini habislah bujet sekitar 2,4 juta dolar untuk menyelesaikannya. Itu pada 1999, jadi untuk masa kini sekitar 3,9 juta dolar! Tentunya itu termasuk bayaran Janet Jackson. Tapi kebanyakan bujet habis untuk efek CGI yang dipakai. Kostum mengkilat yang dipakai Busta Rhymes sendiri saja seharga 40 ribu dolar!

 

#9  Heartbreaker

Mariah Caret ft. Jay-Z

Bujet: 2,5 juta dolar

Klip ini dibesut sutradara box office Brett Ratner. Kebanyakan bujet habis untuk bayaran Jerry O’Connell, menyewa teater sinema dan sebuah mansion plus tentu saja efek animasi. Dan tentu, klip ini dibikin semasa Mariah masih punya nama besar di AS dan seluruh dunia.

 

5 Videoklip Seksi Cuci Mobil Ini Bikin Mata Gerah!

 

#8  Too Legit To Quit

MC Hammer

Bujet: 2,5 juta dolar

Rapper ini memang menguasai dunia musik rap dibilangan ’90-an jadi ya tak heran jika ia bikin klip mahal ini. Untuk ukuran 1991, jelas gila-gilaan banget – setara dengan 4 juta dolar untuk masa sekarang. Bujetnya habis untuk James Brown, John Belushi dan set pyrotechnic yang dipakai.

 

#7  V i c t o r y

Puff Daddy

Bujet: 2,7 juta dolar

Selain Puff sendiri ada Notorious B.I.G. (alm) dan Busta Rhymes dalam klip ini. Mahalnya bujet ada pada durasi delapan menit dari keseluruhan isi video. Plus, tampilnya Dennis Hopper (alm.) dan Danny DeVito, adegan hancurnya heli, bayaran peran pengganti dan banyaknya api.

 

#6  Estranged

Guns N’ Roses

Bujet: 4 juta dolar

Ya, dibikin mahal karena nama besar grup berpentolan Axl Rose ini pada 1993. Bujet mahalnya tersedot untuk adegan-adegan seperti Axl yang lompat dari kapal tanker dan Slash muncul dari dasar laut.

 

#5  Black or White

Michael Jackson

Bujet: 4 juta dolar

Jadi salah satu hit paling ngetop dari MJ, terlihat dari jadi klip musik paling sering ditonton di seluruh dunia di masanya. Bujet mahal tersedot ke bagian CG, kemunculan beberapa selebriti termasuk Macaulay Culkin yang saat itu masih imut dan adegan akhir MJ berubah jadi black panther. Itu tahun 1991.

 

#4  Bedtime Story

Madonna

Bujet: 5 juta dolar

Ah, untuk bikin klip ini dengan bujet seharga 5 juta dolar bukanlah perkara besar untuk Madonna semasa 1995. Jadi dengan melimpahnya efek visual di sekujur durasi garapan sineas klip handal, Mark Romanek, klip ini baik-baik saja dengan bujet segitu. Hasilnya? Selain jadi videoklip Madonna paling eksperimental, klip ini juga disimpan dan diputar banyak galeri di seluruh dunia!

 

#3  Express Yourself

Madonna

Bujet: 5 juta dolar

Dengan konsep inspirasi dari film klasik Metropolis (1927), videoklip ini jadi ekspresi total Madonna seputar kekuasaan dan kehebatan gender wanita. Terasa begitu hebat dan wah karena tangan dingin David Fincher yang memoles dan mengarahkannya. David adalah sutradara Fight Club dan The Panic Room yang cult itu!

 

#2  Die Another Day

Madonna

Bujet: 6,1 juta dolar

Lagu tema dari salah satu film James Bond versi Pierce Brosnan ini digarap mantap oleh perusahaan produksi dari Swedia, Traktor. Madonna melakukan semua adegan laganya dan bujet mahal tersedot karena adegan Madonna melawan dirinya sendiri yang membutuhkan racikan CG.

 

Yuk, Lihat Dunia via 10 Videoklip Hitam-Putih Ini!

 

#1  S c r e a m

Michael Jackson & Janet Jackson

Bujet: 7 juta dolar

Dengan konsep interior pesawat luar angkasa, videoklip MJ dan adiknya Janet Jackson ini lumrah jadi videoklip termahal di dunia. Set videonya saja dibikin berupa interior putih pesawat luar angkasa yang jelas butuh banyak bujet. Plus pencahayaan yang tak terbilang mahalnya. Kalau mau ditarik ke kurs sekarang, bujet total klip ini sejumlah 10,5 juta dolar!

 

(Visited 956 times, 1 visits today)