The Big Three Agency Asal Korea Yang Membuat KPop Mewabahi Dunia

0
2

K-Pop memang sudah menjadi salah satu aliran musik yang saat ini sudah cukup dikenal luas saat ini. Kemampuan agency- agency asal Korea dalam merekrut talent dan  melakukan marketing, berhasil menjadikan movement ini menjadi sebuah awabah di seluruh dunia.

Dalam dunia Kpop ada tiga nama agency besar yang dikenal banayk melahirkan musisi dan juga grup yang bisa mendominasi chart musik Kpop yaitu JYP Entertainment, YG Entertainment dan juga SM Entertainment. Seperti apa sih sebenarnya agency ini? Yuk kita bahas!

JYP Entertainment

JYP Entertainment merupakan agency yang didirikan pada tahun 1997 oleh musisi Park Jin Young. Karena pendirinya merupakan seoarang penyanyi pop, agency ini banyak dikenal dengan warna musik yang cukup pop dengan pengaruh dari musik barat yang cukup kental.

Agency ini berhasil mengorbitkan beberapa nama musisi terkenal seperti Rain, Wonder Girls, 2PM, dan 2AM

YG Entertainment

YG Entertainment merupakan agency yang didirikan oleh Yang Hyun Suk pada tahun 1996. Yang Hyun Suk sendiri pada masamudanya dikenal sebagai bagian dari grup Seo Taiji and Boys dan memiliki peran sebagai rapper.

Keinginannya untuk menghidupkan scene hip-hop membuatnya mendirikan YG Entertaiment sebagai agency yang menaungi banyak grup hip-hop pada saat awal didirikan. Hingga saat ini, YG banyak dikenal melahirkan grup idol dengan nuansa hip-hop dan electronic music yang kental seperti Big Bang, Epik High, iKon, Winner, 2NE1 dan Blackpink.

SM Entertainment

SM Entertaiment bisa dibilang merupakan agency asal Korea yang paling sukses dan memiliki pengaruh yang cukup kuat dalam industri hiburan di Korea. Agency ini didirikan oleh Lee Soo Man padatahun 1995 dan merupakan agency terbesar saat ini.

Sebelum era Kpop mewabah di tahun 2000-an, SM Entertainment sudah berhasil menguasai chart musik Korea dengan boyband seperti H.O.T dan Shinwa.

Selain beroperasi di Korea, agency ini juga merambah industri hiburan di negara Cina dan membuka sub unit untuk segmen musik Mandarin Pop.

Nah, ketiga agency tadi bisa dibilang merupakan perusahaan penguasa Kpop saat ini/ Dari kketiga perusahaan tersebut, dari agency asal Korea mana yang jadi rumah buat idola kalian?

Baca Juga : Hati-Hati deh, Goyang KPop Ala TWICE Makin Virus!

(Visited 32 times, 1 visits today)