Belum Tau? Ini Alasan Menyanyi Di Kamar Mandi Kedengaran Merdu

0
1
Sumber Gambar: Hearing Me Like

Buat kamu yang hobi konser kecil-kecilan alias bernyanyi di kamar mandi pasti sering takjub mendengar suara sendiri. Soalnya, di dalam sana, suara kamu berbeda jauh dari aslinya dan lebih merdu dari biasanya. Pokoknya enak banget kalau didengar dan nggak membuat telinga sakit. Bahkan, nggak kalah sama suara penyanyi asli yang sudah keluar masuk dapur rekaman.

Tapi, beda ceritanya kalau kamu menyanyi di luar ruangan. Suara asli kamu nggak berubah sama sekali. Ternyata, suara kamu berubah jadi lebih merdu waktu bernyanyi di kamar mandi karena mengalami peristiwa fisika bernama reverberation alias resonansi. Awalnya, suara yang kamu keluarkan memantul di permukaan dinding kamar mandi yang keras dan menimbulkan gema. Dengan jarak antara kamu dan dinding kamar mandi yang cukup dekat, gema yang dihasilkan terjadi hampir bersamaan dengan suara asli.

Akhirnya, suara yang kamu keluarkan seolah-olah menjadi lebih panjang dan terdengar lebih bagus dari biasanya. Nggak nyangka kan kalau tempat sesederhana kamar mandi bisa membuat suara kamu jadi lebih enak didengar? Cocok banget loh buat tes suara sendiri sebelum weekend nanti karaokean bareng teman-teman.

Tapi, kalau suara kamu waktu karaokean nanti nggak sebagus di kamar mandi, jangan buru-buru kecewa. Soalnya, di tempat karaoke banyak barang-barang yang mungkin bisa menyerap suara kamu. Bahkan, dinding tempat karaoke memang dibikin kedap suara biar nggak ada gema. Makanya, jangan berharap suara lebih merdu kalau menyanyi di ruang kayak gini.

(Visited 13 times, 1 visits today)