Wuidih! Meski 5 Lagu Hit Seksi Ini Katanya Jiplakan Tapi Enak di Kuping euy

0
6

Ya, siapa sangka kalau sederet lagu enak dan nge-hit nyatanya adalah lagu-lagu dengan ritme jiplakan! Lagu-lagu hit apa saja? Salah satunya ada favorit kamu?

 

Berkreasi videoklip-videoklip seksi itu mudah, tapi menciptakan melodi videoklip-videoklip seksi tersebut jauh lebih sulit! Blurred Lines-nya Robin Thicke, T.I. dan Pharrell, misalnya.

Ya, Blurred Lines adalah lagu sengketa karena diklaim keluarga Marvin Gaye, penyanyi soul legendaris, mirip dengan lagu Marvin rilisan 1977, Got to Give It Up. Putusan pengadilan mensahkan kalau lagu tersebut benar-benar jiplakan dari lagu Marvin sehingga membuat Robin dan kawan-kawan membayar 7,4 juta dolar!

Sederet lagu ini pun sempat terkena masalah yang sama. Meski ending-nya ada yang berbeda dengan Blurred Lines.

 

#1  Queen & David Bowie vs. Vanilla Ice

“Ice Ice Baby”

Hit nomor satu dari rapper kulit putih ini memang jadi hit hip-hop pertama yang bisa berjaya di puncak tangga lagu Billboard Hot 100. Lucunya, banyak penikmat musik mengklaim kalau hit ciptaannya tersebut mirip dengan Under Pressure-nya David Bowie dan Queen.

Meski awalnya si Ice menyangkal hal tersebut, pada akhirnya ia bersedia membayar royalti ke kedua artis gaek tersebut demi menghindari meja pengadilan.

 

Geberan 5 Hit Rock Ini Juara Bikin Semangat Gedar-Gedor!

 

#2  Huey Lewis vs. Ray Parker Jr.

“Ghostbusters”

Pada 1984, lagu tema film para pembasmi setan, Ghostbusters, berhasil jadi nomor satu dengan judul sama.

Begitu Huey Lewis mendengarnya, pengacara pun turun tangan. Toh keduanya akhirnya sepakat berdamai di luar pengadilan. Nice

 

#3  Ronald Selle vs. Bee Gees

“How Deep Is Your Love”

Nah, kalau lagu hit satu ini kasusnya terbilang konyol. How Deep Is Your Love sudah duluan jadi nomor satu di Hot 100 Billboard pada akhir 1977, tapi seorang penulis lagu Ronald Selle baru mengklaim kalau lagu itu lagu jiplakan dari karya demonya pas di 1975!

Toh akhirnya juri pengadilan terbagi dua … Mungkin karena lagunya gombal-gombal enak!

 

#4  Chuck Berry Vs. the Beatles

“Come Together”

Figur yang paling bertanggung-jawab dengan munculnya musik rock n’ roll ke dunia sepertinya punya hak untuk mengklaim semua nomor hit di era ’50-an dan ’60-an adalah miliknya! Setidaknya itu yang terjadi dengan Chuck Berry, lebih tepatnya mereka yang punya hak atas semua materi lagu Chuck.

Dalam hal ini, Big Seven Music Corp. yang menuntut John Lennon karena kemiripan lagu Chuck, You Can’t Catch Me, dan hit Come Together yang jadi nomor satu pada 1969. Nego pun terjadi di luar sidang pengadilan dengan: John yang bersedia merekam tiga lagu rock milik Levy. Lucunya, John malah hanya merilis dua lagu resmi saja, Ya Ya dan You Can’t Catch Me. Hahaha!

 

Ssst, Cuci Mata Lihat Dunia via 10 Videoklip Hitam-Putih Ini? Sok Atuh!

 

#5  Joe Satriani Vs. Coldplay

“Viva la Vida”

Viva la Vida jadi lagu nomor satu pertama untuk Coldplay di Billboard Hot 100. Sayangnya mereka tak bisa gembira maksimal, pasalnya hit mereka itu diklaim menjiplak sebagian melodi dari karya instrumentalnya, If I Could Fly.

Chris Martin dan kawan-kawan menganggap itu kebetulan saja, meski akhirnya mereka berdamai di luar sidang.

 

Ah, semuanya sama saja: enak untuk dibawa goyang bareng si dia. Mau coba? Klik aja POPULAR NOW dan rasakan goyangan lainnya. Buruan download versi PlayStore ini dan ini versi iOS -nya! 

(Visited 226 times, 1 visits today)