Mereka Merilis Album Musik dengan Cara Gila!

0
2

Artis musik tak ubahnya seniman. Well, ya, mereka memang seniman. Jadi tak heran jika (selain cara berpakaian, cara hidup) mereka dengan cueknya merilis karya-karya musik mereka dengan unik jika tak boleh dibilang gila! Sederet artis ini buktinya.

Beyonce

Tanpa ada promosi apa-apa sama sekali, tanpa strategi viral dan lain-lain, perempuan bertubuh seksi ini merilis Beyonce diam-diam via iTunes pada akhir tahun lalu. Dunia musik dan para penggemarnya pun kaget bukan kepalang! Alhasil Beyonce, judul album tersebut, terjual hingga 991 ribu kopi di Amerika selama 10 hari pertama dirilis.

Beck

Lebih tepatnya: aneh adalah kata yang layak disemat pada album yang diluncur Beck pada 2012, Song Reader. Bagaimana tak aneh, album tersebut sama sekali tak memiliki rekaman lagu apapun, jadi hanya berupa kertas-kertas penuh melodi yang harus dimainkan mereka yang membelinya! Total ada 20 lagu. Lucunya, album tersebut akhirnya direkam dan dirilis Juli tahun ini dan Beck hanya menyanyikan satu lagu saja. Buset!

Jack White

Banyak yang gelisah menunggu dirilisnya Blunderbuss, album perdana pentolan The White Stripes ini. Jack pun memutuskan untuk merilis salah satu singel album tersebut dengan cara menyekatkan 1,000 rekaman flexi-disc dengan track Freedom at 21 di balon helium, sebelum melepasnya ke udara. Masing-masing balon disertai instruksi agar para penemu balon memberikan foto dan pemberitahuan ke label rekaman dimana mereka menemukan disk tersebut! Repotnya …  

Radiohead

Grup rock alternatif Inggris ini merilis album 2007 mereka, In Rainbows, secara digital via situs sendiri dengan cara pay-what-you-want. Serunya, para penggemar mendapat opsi membeli album tersebut tanpa uang sama sekali! Aturan mainnya: Rainbows hanya tersedia selama 10 hari saja di situs mereka. Hasilnya, selama periode berbayar suka-suka tersebut album ini justru lebih laku dibanding album mereka sebelumnya, Hail to the Thief! Album tersebut pun pada akhirnya dijual lisensinya ke beberapa label rekaman.

Weird Al Yankovic

Al Yankovic tak pantas menyandang sebutan ‘weird’ jika tak melakukan hal-hal aneh. Itu termasuk dirilisnya Mandatory Fun yang dijual pada musim panas tahun ini. Dengan strategi melepas delapan videoklip dalam waktu delapan hari, Mandatory pun jadi album pertamanya yang berhasil nomor satu! Delapan videoklip tersebut termasuk spoof dari Royals-nya Lorded an Happy-nya Pharrell Williams. Itu jadi album terakhir Al, sejak dirinya mengaku akan lebih tertarik melepas singel secara digital ke depannya.

 

 

berbagai sumber

(Visited 61 times, 1 visits today)