Nah Lho, Tanpa Disadari 5 Hal Ini Bisa Menyebabkan Sakit Kepala Migrain Lho!

0
1
kepala migrain

Migrain, tampaknya menjadi istilah penyakit yang sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Nah Lho, Tanpa Disadari 5 Hal Ini Bisa Menyebabkan Sakit Kepala Migrain Lho!

Menurut WHO, dari total populasi manusia berusia 18-65 tahun yang melaporkan pernah mengalami sakit kepala, sekitar 30 persen merupakan sakit kepala migrain. Penyakit yang menimbulkan rasa nyeri pada satu bagian sisi kepala ini disebakan oleh berbagai faktor, misalnya faktor yang bersifat genetik.

Namun, tak hanya itu ada beberapa faktor lain yang mungkin Anda tidak sadari dapat menyebakan migrain. Berikut lima penyebab migrain yang bisa jadi luput dari perhatian Anda.

1. Melewatkan Waktu Makan

Jadwal makan yang teratur menjadi hal yang harus diperhatikan bagi Anda yang sering terkena migrain. Melewatkan waktu makan dapat menyebabkan penurunan kadar glukosa pada darah. Hal tersebutlah yang menyebabkan perubahan kimia dalam tubuh dan memicu migrain di kepala.

Beruntunglah Anda yang Mempunyai Tahi Lalat di 5 Titik Ini…

2. Berhubungan Seks

Dilansir Health mengerahkan tenaga fisik secara intens, termasuk aktivitas seksual bahkan timbulnya gairah dalam diri dapat menjadi pemicu migrain. Biasanya migrain akibat faktor di atas terjadi pada pria muda atau paruh baya dan bisa hilang seiring bertambahnya usia. Sedangkan cara untuk meredam migrain akibat melakukan aktivitas seksual adalah dengan mengkonsumsi obat tekanan darah yang dikenal dengan beta blocker.

3. Konsumsi Makanan Asin

Bagi Anda penggemar panganan asin dan sering terkena migrain. Tampaknya mulai saat ini Anda harus berhati-hati, karena mengkonsumsi makanan asin dalam jumlah berlebih dapat mempengaruhi tekanan darah. Secara khusus, mereka meningkatkan jumlah natrium dalam aliran darah Anda dan mengacaukan kemampuan ginjal untuk mengolah air. Alhasil tubuh meresponnya dengan tekanan darah yang lebih tinggi dan menyebabakan migrain di kepala.

 

4. Jet Lag

Efek jet lag sama halnya dengan gangguan tidur yang dapat memicu migrain. Saat Anda bepergian melalui jalur udara, tekanan dari kabin pesawat juga dapat berperan karena menyebabkan pelebaran pembuluh darah pemicu migrain.

Stres Kerja Bikin Pusing Tujuh Keliling? Ini Cara Ampuh Menghilangkannya..

5. Makan Makanan Pemanis Buatan

Mulai saat ini, coba berhati-hati dengaan apa yang Anda tambahkan ke kopi Anda. Pemanis buatan seperti aspartame bisa menjadi penyebab migrain. Dilansir Huffington Post pemanis tersebut dapat menurunkan kadar serotonin dalam tubuh seseorang, yang kemudian dapat memicu pelepasan neuropeptida dan memicu reaksi berantai yang memicu migrain.

(Visited 168 times, 1 visits today)