Negara-Negara Ini Diplot Miliki MRT Terbaik di Dunia?

0
26
MRT Terbaik

Indonesia sesaat lagi miliki mass rapid transit (MRT) yang di luar negeri lebih dikenal dengan nama subway system atau jalur bawah tanah. Negara-Negara Ini Diplot Miliki MRT Terbaik di Dunia?

Indonesia ketinggalan urusan proyek ini meski sudah puluhan tahun direncanakan. Bandingkan dengan negara lain, ambil contoh saja Singapura yang sudah punya moda ini sepanjang 152,9 kilometer. Atau Kuala Lumpur Malaysia yang juga punya jalur kereta MRT sepanjang 56 kilometer. Nah, dari semua negara yang punya MRT, di manakah MRT yang punya rute paling panjang?

Seperti dilansir dari berbagai sumber termasuk Wikipedia, sekitar 55 negara yang mengoperasikan total 160 sistem jaringan subway. Yang paling pertama punya jenis angkutan transportasi ini adalah Inggris, dengan London Underground yang pertama kali dibuka di tahun 1863 untuk jalur kereta bawah tanah, dan dielektrifikasi pada 1890. Saat itulah dunia punya MRT atau subway pertama.

Alamak, Kereta Ini Punya Sabuk Pengaman Untuk Bercinta!

Untuk urusan MRT, negara China bisa dibilang juaranya. Selain punya banyak jaringan moda transportasi ini, China juga punya jalur subway terpanjang yakni di kota Shanghai yang diberi nama Shanghai Metro. Shanghai Metro punya panjang 548 kilometer (km), yang menyambungkan 14 dari total 17 distrik di kota tersebut.

Posisi kedua lagi-lagi China. Selain Shanghai Metro, China punya juga Beijing Subway yang punya jalur 527 kilometer. Kereta ini menghubungkan kawasan desa dan kota di Beijing. Beijing Subway dibuka di tahun 1969 dan merupakan yang tertua di daratan China.

Yang ketiga adalah London, yang punya London Underground, alias the Tube atau sering juga disebut the Underground. Ini adalah moda transportasi yang melayani perjalanan di London kota dan beberapa bagian dari Buckinghamshire, Hertfordshire dan Essex. Panjangnya, mencapai 402 kilometer.

Sepanjang 402 kilometer the Tube meluncur, ada 270 titik stasiun pemberhentian kereta ini. Meski namanya underground yang berarti bawah tanah, hanya 45 persen dari total panjangnya meluncur di bawah tanah.

(Visited 595 times, 1 visits today)